nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menarik! Begini Prosesi Sunat Bayi di Israel

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 08:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 06 481 1770182 menarik-begini-prosesi-sunat-bayi-di-israel-oRYrRFjP67.jpg Sunat di Israel (Foto: Reuters)

SUNAT menjadi salah satu bagian dari melaksanakan perintah Tuhan. Tidak hanya Islam yang memerintahkan setiap pria wajib di sunat, ternyata Yahudi maupun Kristen (masih diperdebatkan, Red) juga. Karena itu juga, di Israel, prosesi sunat menjadi salah satu hal yang menarik untuk diketahui.

Perlu Anda ketahui, sebagian pria Israel itu disunat. Namun, makin ke sini, banyak anggapan yang tidak mengharuskan pria Israel disunat. Perbedaan pendapat tersebut didasari oleh hak asasi manusia yang dianggap menjadi hal yang wajib dimiliki. Namun, di luar itu, tradisi sunat di Israel ternyata menarik untuk dikulik.

BACA JUGA:

Dilansir dari Reuters, Rabu (6/9/2017) sunat pria di Israel biasanya dilakukan saat anak pria berusia 8 hari. Mayoritas dilakukan oleh seorang mohel atau seseorang yang dianggap religious yang dilatih dalam prosedur yang dilakukan dalam upacara keagamaan meriah yang biasa disebut “brit”.

Prosesnya sendiri adalah bayi yang akan disunat ditidurkan di sebuah kain putih. Kemudian, tubuh si bayi akan dibalut kain serupa. Setelah itu, di bagian atas tubuh bayi akan diletakkan selembar kertas doa yang mana itu, melambangkan pemujaan kepada Tuhan. Jika doa sudah dipanjatkan, bayi lalu digendong ayahnya dan diberikan kepada mohel.

Perlu Anda ketahui, bayi yang akan disunat ini sama seperti di Indonesia. Jadi, pihak keluarga akan melangsungkan acara kecil-kecilan untuk memberitahu sanak saudara bahwa bayi itu akan disunat. Nah, memberikan kado atau hadiah kepada si anak yang disunat juga dilakukan oleh masyarakat Israel. Jadi, bayi dipastikan akan tidur di samping kado-kado yang diterimanya.

Lanjut, sebelum penyunatan dimulai, mohel akan mendoakan bayi pria tersebut. Kemudian, mohel akan menyunat si bayi dengan pisau khusus. Prosesnya tidak berlangsung lama dan cenderung sama dengan yang dilakukan pada pria sunat lainnya, yaitu memotong sebagian kecil kulit kepala Mr P si anak. Jika sudah selesai, bayi pun dikembalikan ke keluarganya.

BACA JUGA:

Namun, karena penyunatan tidak menggunakan perlengkapan khusus, makanya Kementerian Kesehatan Israel mencatat ada sekitar 70 kasus per tahun penyunatan yang salah. Terutama pada komplikasi ringan sampai pendarahan yang berlebihan.

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan juga tidak mencatat khitan secara khusus. Namun, pihaknya memperkirakan sudah sekitar 60.000 sampai 70.000 orang di Israel telah di sunat setiap tahunnya. Perkiraan tersebut, diungkapkan Biro Pusat Statistik, sesuai dengan jumlah anak laki-laki yang lahir pada 2010.

Sementara itu, jika melihat data penyunatan di Eropa, ternyata tingkat sunat jauh di bawah 20 persen. Berbeda dengan di Amerika Serikat, menurut statistik 2010 yang dikutip Center for Disease Control (CDC), lebih dari separuh anak laki-laki baru lahir itu kemudian langsung di sunat. American Academy of Paediatrics menyatakan, manfaat kesehatan dari sunat bayi cukup bisa dipercaya. Adalah berpotensi menghindari bayi terinfeksi, kanker, dan penyakit seksual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini