Awas! 6 Hal Ini Bisa Memicu Masalah Insomnia pada Lansia

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 481 1770702 awas-6-hal-ini-bisa-memicu-masalah-insomnia-pada-lansia-kBYwjIibbE.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

SEIRING bertambahnya usia, tubuh manusia mengalami banyak perubahan. Tulang menjadi rapuh, kulit menjadi kendur dan ingatannya berkurang.

Begitu juga salah satu efek dari penuaan yang menyebabkan Anda mengalami insomnia. Banyak lansia yang tidak memperhatikan jam tidur malamnya karena berbagai faktor.

Dilansir Thehealthsite, Rabu (6/9/2017), berikut adalah 6 faktor yang paling sering memicu gangguan insomnia pada lansia. Sejak dini Anda harus paham dan berusaha mencegahnya.

Perbedaan pola tidur

Lansia menjadi lebih rentan terbangun karena suara bising di lingkungan sekitanya yang membuat Anda terganggu tidurnya. Tubuh Anda lebih sensitif dan langsung terbangun tengah malam. Kualitas tidur jadi memburuk, sehingga Anda harus dapat mencegahnya.

Sakit kronis

Masalah kesehatan mulai meningkat seiring bertambahnya usia. Beberapa penyakit dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik, yang dapat mengganggu tidur Anda. Arthritis, salah satu penyakit degeneratif yang paling sering membuat lansia sulit tidur di malam hari. Sejak muda, Anda harus tetap menjalani gaya hidup sehat untuk menghindari penyakit tersebut.

BACA JUGA:

Kurangnya aktivitas fisik

Penuaan membuat Anda kurang aktif secara fisik, karena mungkin Anda sudah tidak energik. Apalagi kalau Anda lebih suka tidur sinag berlebihan, dibandingkan tidur di malam hari. Anda harus bisa mengatur aktivitas dan jam tidur agar seimbang.

Kandung kemih yang lebih kuat

Penuaan juga membuat kandung kemih dan prostat lebih lemah, srtinya Anda lebih sering terbagun untuk buang air kecil tengah malam. Hal ini juga mengganggu kualitas tidur Anda yang seharusnya tidak terjadi.

BACA JUGA:

Akibat minum obat

Terlalu banyak minum obat atau multivitamin juga menyebabkan Anda mengalami insomnia. Dampaknya kualitas tidur jadi memburuk. SEbaiknya, Anda dapat mengubah waktu minum obat supaya tidur lebih teratur.

Gangguan di kaki

Orang tua sering menghadapi sindrom kaki restless, yang membuat kakinya terus bergerak tanpa dikontrol saat berbaring. Hal ini tentu mengganggu waktu istirahatnya di malam hari. Untuk mencegah, Anda harus memeprbanyak aktivitas fisik sebelum tidur agar semua badan digerakkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini