"Jenna Doll", Boneka Hafidz Alquran Buatan Perancis yang Cocok Jadi Mainan Edukatif si Kecil

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 196 1771494 jenna-doll-boneka-hafidz-alquran-buatan-perancis-yang-cocok-jadi-mainan-edukatif-si-kecil-pIwdJL3wrj.jpg Foto: english.arabiya

BILA di Indonesia ada boneka Hafidz dan Hafizah yang bisa mengaji Alquran, menyanyi, membaca doa sehari-hari dan jadi mainan edukasi untuk anak-anak. Di Perancis ada juga lho, boneka mirip Barbie yang punya kepintaran sama seperti boneka Hafidz Alquran.

Boneka mirip Barbie ini hadir dengan busana muslimah. Boneka itu diberi nama Jenna. Bagi pecinta boneka Barbie, Jenna bisa menjadi pilihan bermain yang edukatif untuk anak perempuan. Pakaiannya pun sopan, sehingga si kecil sudah bisa diajarkan berbusana yang baik menurut Islam sejak dini.

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

Seorang pengusaha wanita asal Prancis sekaligus ibu bernama Samira Amarir berjuang mencari mainan yang bisa membantu menanamkan keyakinan Islam kepada anak perempuannya. Selama pencarian, dia tidak menemukan itu. Akhirnya dia menciptakan mainan sendiri.

Sekarang boneka "Jenna" yang penampilannya seperti Barbie, sudah bisa melafalkan empat bab dalam Alquran. Amarir merancang dari nol sendiri dan kini boneka tersebut telah memasuki produksi secara massal dan mulai dijual di negara-negara bagian Arab.

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik


"Ketika anak perempuan saya Jenna berusia dua tahun, saya sedang mencari mainan atau alat yang dapat membantunya belajar agama Islam," kata Amarir seperti dilansir Alarabiya, Kamis (7/9/2017).

Ia menjelaskan, ide awalnya adalah bagaimana menghasilkan mainan yang memungkinkan anak belajar Alquran dengan cepat dan mudah saat bermain.

Lebih lanjut ia mengungkap alasan memberi nama Jenna, untuk bnoneka ciptaanya tersebut. “Jenna adalah nama yang berasal dari bahasa Arab yang berarti surga, hadir dengan mengenakan jubah "abaya" panjang dengan jilbab ungu yang serasi,” ujarnya.

Untuk merancang boneka itu, ia dan tim menggunakan perangkat lunak pemodelan online, Amarir memutuskan untuk memberikan warna kulit gelap dan sedikit riasan.

"Bagi saya, terpenting boneka itu dapat menunjukkan sesuatu yang bisa dikenali anak, atau setidaknya setidaknya mengenal ibunya.”

Keempat bab yang dibaca Jenna dirancang agar mudah diingat anak. Setelah boneka itu jadi dan dimainkan dalam beberapa hari, sang anak sudah mulai mengikuti membaca ayat-ayatnya.

Kini Amarir dan keluarga telah pindah dari rumah mereka ke Prancis ke Uni Emirat Arab untuk memasarkan boneka tersebut. Dia juga meluncurkan Jenna awal tahun ini di Arab Saudi, Kuwait, Bahrain dan UEA.

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini