Suami Tertekan karena Gaya Hidup Istri, Saran Psikolog: Cek Kembali Niat Awal Membina Rumah Tangga

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 196 1771556 suami-tertekan-karena-gaya-hidup-istri-saran-psikolog-cek-kembali-niat-awal-membina-rumah-tangga-KWCCN1p5gP.jpg Cek Cok Suami Istri (Foto: Ilustrasi)

BARU-baru ini drama rumah tangga dari pasangan suami-istri di Bogor, Jawa Barat sungguh menyayat hati. Kabar terbaru menyebut seorang istri tewas di tangan suaminya sendiri dengan cara ditembak.

Diketahui korban adalah Indria Kameswari, pegawai Badan Narkotika Nasional (BNN) yang bertugas di Bogor. Setelah Hari Raya Idul Adha, 1 September 2017 lalu, mirisnya sang anak mendatangi tetangga untuk melaporkan bahwa ibunya sudah tak bernyawa.

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

Sang suami, Abdul Malik Azis alias Muhamad Akbar yang menjadi tersangka kini sedang dalam pemeriksaan polisi. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, Indria diperkirakan tewas akibat tembakkan senjata api yang bersarang di punggungnya.

Sejauh ini para saksi menuturkan bahwa rumah tangga suami-istri itu sering diwarnai cekcok. Keluarga tersangka menurturkan Akbar (nama kecil suami) sering ditekan istri karena tuntutan meteri yang berlebihan. Terakhir, istri menuntut dibelikan satu unit mobil tetapi, belum dipenuhi.

Dari kasus ini banyak informasi terungkap seperti yang dikemukakan langsung kakak Abdul Malik, yakni Siti Nuraeni. Ternyata selama ini sang adik diduga menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga.

Dia kerap menerima perlakuan kasar dan ucapan melukai hati dari Indria. Sejauh ini para saksi menuturkan bahwa rumah tangga suami-istri itu sering diwarnai cekcok. Keluarga tersangka menuturkan Abdul Malik sering ditekan istri karena tuntutan meteri yang berlebihan. Terakhir, istri menuntut dibelikan satu unit mobil tetapi, belum dipenuhi.

"Bu Indria itu minta mobil sama rumah mewah ke adik saya sampai ngamuk-ngamuk. Pernah mukulin juga ngancem mau bunuh adik saya," kata Siti.

Perilaku kasar diduga dilakukan korban lantaran dipicu keinginan wanita itu yang belum bisa dipenuhi karena kondisi ekonomi.

Ya, tuntutan istri terkadang memang tak mudah dipenuhi suami. Tekanan yang menimpa suami kerap kali tak sanggup mereka hadapi.  

Menurut psikolog forensik, Kasandra Putranto, tekanan dalam pernikahan itu pasti ada. Begitu juga dengan masalah yang timbul tenggelam dalam rumah tangga. Semua rumah tangga akan diuji dengan masalah.

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik

“Terlepas dari masalah tersebut yang tidak bisa saya tanggapi kerena tak melakukan pemeriksaan langsung, saran saya adalah ketika menikah tentu pasangan punya hak dan kewajiban masing-masing yang sudah disepakati bersama,” papar Kasandra kepada Okezone lewat aplikasi pesan Whatsapp, Kamis (7/9/2017).

Terkadang kesepakatan tersebut kerap berubah, baik karena diri sendiri maupun karena tuntutan lingkungan.

“Sebaiknya pasangan kembali kepada niat awal ketika membina rumah tangga,” tegas psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

Staf cantik BNN bernama Indria Kameswari diketahui adalah mantan mojang Ciamis. Pernikahan dengan suaminya adalah yang kelima. Sebelumnya, ia sudah pernah menikah empat kali.

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

Foto terakhir yang diunggah Indria di akun Facebook adalah foto bersama keluarga. Dalam foto itu, tampak Indria sedang makan bersama beberapa orang lain. Tepatnya, foto yang diunggah pada tanggal 29 Agustus 2017.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini