Share

Makan Bareng Teman? Begini Trik Memisahkan Tagihan Pembayaran

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Kamis 07 September 2017 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 298 1771251 makan-bareng-teman-begini-trik-memisahkan-tagihan-pembayaran-HB4NR2UKWm.jpg Tagihan makan (Foto:Digital)

MASIH ingat dengan serial tv Friends? Dalam salah satu episodenya, Ross, Monica dan Chandler sempat terlihat menyantap seporsi besar daging sapi carpaccio, udang panggang, dan ikan lele khas Cajun. Sementara Joey, Rachel, dan Phoebe yang sedang menghemat pengeluaran, hanya memesan pizza berukuran kecil, salad, dan secangkir sup mentimun.

Namun ketika bill pembayaran datang, Ross mengatakan bahwa setiap orang harus membayar $33,50 atau setara dengan Rp446 ribu. Mendengar hal tersebut, Phoebe dengan spontan mengatakan, “Maaf, saya tidak akan membayarnya. Apakah mungkin secangkir sup mentimun dingin diharga Rp446 ribu? Rachel bahkan hanya memesan salad dan Joey hanya memakan pizza berukuran mungil. Kami tidak akan membayarnya,” geramnya.

Kemarahan Phoebe menginspirasi Ross untuk mencari cara bahwa setiap orang harus membayar sesuai dengan makanan dan minuman yang ia santap. Nah, Apakah kejadian seperti ini pernah Anda alami ketika sedang menyantap makan siang atau dinner bersama teman atau rekan kerja? Lalu bagaimana menyikapi pembayaran atau bill yang diajukan teman Anda tidak sesuai dengan makanan yang Anda pesan?

BACA JUGA:

Keren! Restoran Ini Bertahan Hingga 40 Tahun Meski Hanya Menjual 2 Jenis Makanan

Berlebihan Makan Daging Merah, Waspada Risiko Diabetes Meningkat!

Menurut Diane Gottsman, pakar etika sekaligus pendiri The Protocol School of Texas, salah satu cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menjelaskan kepada teman Anda sebelum memasuki restoran. “Katakan saja Anda ingin bergabung dengan mereka, tetapi Anda bukan pencinta wine, sehingga Anda bisa memesan secara terpisah,” saran Gotssman. Ini memang bukan sebuah percakapan yang nyaman, tetapi akan menghindari Anda dari keluhan atau mencegah tumbuhnya rasa benci terhadap teman Anda.

Selain itu, Anda juga dapat meminta tolong kasir untuk menandai pesanan Anda, dan memberikan bill pembayaran secara terpisah. “Kuncinya di sini adalah bersikap preventif dan tidak membesar-besarkan masalah pembayaran ini,” tambah Gotssman. Jika ingin lebih berhati-hati lagi, Anda bisa menghubungi restoran terlebih dahulu sebelum berangkat bersama rekan kerja.

BACA JUGA:

Kurang Kenyang dengan Onigiri Biasa? Katering Ini Sajikan Onigiri 1 Kilogram

Panjang Umur, Restoran Ini Bertahan hingga 40 Tahun meski Hanya Menjual 2 Jenis Makanan

Terakhir, Anda bisa menjadi seorang straight-shooter dengan mengatakannya secara langsung di hadapan teman-teman Anda. “Guys, saya akan mengurus pembayaran saya sendiri. Saya tidak memiliki anggaran yang sama dengan kalian, sehingga bisa memesan sebotol wine mahal itu,” singkat dan jelas, tukas Gotssman. Dari penjelasan ringan ini teman Anda akan mengerti dan beberapa di antara mereka mungkin akan mengikuti jejak Anda di lain waktu. Demikian dilansir dari Food & Wine, Kamis (7/9/2017).

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini