nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Sisa Roti, Nasi atau Kue? Jangan Dibuang, Olah Saja Jadi Hidangan Lezat Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 21:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 07 298 1771552 punya-sisa-roti-nasi-atau-kue-jangan-dibuang-olah-saja-jadi-hidangan-lezat-ini-ENtGdQXp0e.jpg Puding roti (Foto: Bettycrocke)

MEMASAK merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun terkadang, sebagian orang kerap mengolah makanan dalam jumlah besar dan menyisakan sisa makanan yang sangat banyak. Jika sudah demikian, tak jarang sisa makanan dibuang ke tempat sampah.

Padahal, Anda bisa mengolah sisa makanan menjadi berbagai hidangan lezat. Berikut Okezone rangkumkan beberapa jenis hidangan yang bisa Anda olah dari sisa makanan, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Kamis (7/9/2017).

 BACA JUGA:

Roti

 

Jangan terburu-buru membuang sisa roti ke tempat sampah. Anda bisa menyulap sisa roti menjadi berbagai hidangan lezat seperti croutons, chunky panzanella, dan puding roti. Untuk membuat puding roti Anda hanya perlu mencampurkan sisa roti tawar dengan susu cair dan gula pasir secukupnya. Letakkan dalam pinggan tahan panas, taburi irisan almon atau kismis, kemudian panggan dalam oven hingga matang.

Cake, kue kering, dan pie

 

Meski jarang terjadi, namun terkadang Anda akan terganggu ketika melihat sisa kue ulang tahun atau makanan penutup seperti brownies, cheese cake, dan olahan cake lainnya. Cara praktis untuk mengolah sisa makanan ini adalah dengan mengolahnya menjadi segelas milkshake yang lezat. Yang perlu Anda lakukan cukup menambahkan sedikit susu cair dan es krim, lalu haluskan dengan blender. Mudah bukan?

Kopi

 

Bila Anda tidak mampu lagi menghabiskan sisa kopi yang ada di dalam teko, tuangkan saja ke dalam nampan es batu untuk dibekukan. Setelah berubah menjadi es batu, Anda bisa mencampurkannya racikan kopi baru sehingga menghasilkan suguhan es kopi yang nikmat. Cara lain untuk mengolah sisa kopi adalah mencampurkannya dengan adonan cokelat, lalu dipanggang hingga matang dan menjadi suguhan cake nan lezat.

Mashed potato

 

Sebagian orang biasanya membuat mashed potato dalam jumlah besar, namun seringkali tidak habis dan tersisa cukup banyak. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengolah sisa mashed potato untuk dijadikan salah satu makanan favorit orang Inggris yakni “Bubble and Squeak”. Hidangan ini terbuat dari sisa makanan makan malam dan mashed potato menjadi bahan utamanya. Namanya sendiri terinspirasi dari suara sisa sayuran kubis yang terdengar jelas saat dipanggang atau dipanaskan kembali.

BACA JUGA:

Fakta Mengejutkan tentang Soda, Pernah Jadi Obat Sakit Jiwa

Aneh! Bukan Uang atau Perhiasan, Maling di Jerman Ini Malah Curi 20 Ton Cokelat Senilai Rp783 Juta!

Nasi dan biji-bijian

 

Orang Indonesia pastinya sudah paham untuk mengolah sisa nasi putih yang tersisa. Yup, cara paling praktis dan tepat adalah memasaknya menjadi sajian nasi goreng nan yang lezat. Kalau sudah bosan mengonsumsi nasi goreng, Anda bisa memanaskan nasi hingga sedikit lembab, lalu gulung dengan tambahan irisan daging sapi atau suwiran ayam hingga menjadi seporsi burrito yang menggoda.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini