nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerakan Yoga Ini Ternyata Bisa Lho Dilakukan di Meja Kerja

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 18:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 07 481 1771278 gerakan-yoga-ini-ternyata-bisa-lho-dilakukan-di-meja-kerja-R5gt9PXU4U.jpg Yoga (Foto: vemine)

DEWASA ini mobilitas masyarakat semakin padat. Pagi hari banyak masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, sudah bangun dan memulai aktifitas. Mereka yang termasuk masyarakat urban, harus lebih dulu bangun dan berangkat ke kantor agar dapat melipat jarak dan waktu lebih singkat. Sebab, jika telat 15 menit saja, stasiun kereta api, halte bus, terminal bus dan jalan-jalan sudah dipadati oleh masyarakat lainnya yang memiliki aktifitas yang hampir sama.  

Oleh karena kegiatan yang padat, seringkali kaum urban menjadikan hal tersebut alasan untuk tidak  melakukan olahraga. Sehingga, tingkat jenuh, lelah dan stres bisa lebih tinggi dirasakan. Padahal, tubuh kita membutuhkan hal yang dapat membuat menyegarkan kembali suasana dan kondisinya.

Untuk itu, tubuh kita membutuhkan gerakan-gerakan yang dapat merenggangkan kembali otot-otot yang kaku dan pegal akibat seharian bekerja. Saat di kantor misalnya, kita pasti lebih sering duduk dan menatap layar komputer, bukan? Pada keadaan seperti itu, bagian-bagian tubuh seperti pergelangan tangan, lengan tangan, leher, punggung dan kaki akan terasa kaku.

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

“Saat di kantor, kita lebih banyak duduk di kursi, merasa tidak ada waktu untuk olahraga dan bahkan untuk rehat sejenak pun terkadang tidak sempat. Posisi duduk yang membungkuk, menatap layar dan jari-jemari yang sibuk mengetik dapat membuat pergelangan tangan, tangan, punggung dan kaki terasa kaku serta pegal. Jika tidak direnggangkan akan terasa sakit ketika berdiri dan semakin lama, semakin tua badan kita akan kaku, makanya stretching akan sangat penting gunanya” ucap Deera Dewi di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik

Untuk menyiasati padatnya aktifitas, yoga bisa jadi salah satu pilihan olah tubuh yang dapat memulihkan kembali kekakuan otot-otot tubuh tersebut. Yoga bisa dilakukan dimana saja, bahkan hanya menghabiskan waktu 5-10 menit saja, kita semua sudah bisa melakukan gerakan-gerakan yoga.

“Setidaknya ketika sibuk di kantor dan tidak sempat olahraga kecil ketika istirahat, yoga pun masih bisa dilakukan, Anda tinggal menyilakan salah satu kaki atau taruh kaki di atas lutut, itu pun sudah termasuk gerakan stretching pada yoga. Tegakkan punggung, dorong punggung ke depan sambil merekatkan kedua tangan dan taruh di atas betis yang menyila tadi. Dorong terus sambil mengatur nafas perlahan dan terasa pinggang tertarik,” ujar Deera. 

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini