Image

Gerakan Yoga Sederhana di Kantor, Bisa Jadi Ajang PDKT Lho, Ini Caranya!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 18:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 07 481 1771297 gerakan-yoga-sederhana-di-kantor-bisa-jadi-ajang-pdkt-lho-ini-caranya-9Kv1DeQWIH.jpg Yoga: lovegrowsdesign

SELAMA ini sebagian besar masyarakat Indonesia telah salah kaprah memandang yoga. Olah tubuh yang telah ada sejak lama ini, sebenarnya bukanlah hal yang hanya dapat dilakukan oleh suatu golongan masyarakat saja. Akan tetapi, yoga pun bisa dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali.

Bagi pekerja kantoran atau orang-orang yang sibuk melakukan rutinitas, olahraga jadi kegiatan yang sering ditinggalkan. Alasannya tentu tidak jauh dari tidak tersedianya waktu untuk melakukan hal tersebut, karena telah diisi oleh pekerjaan dan sisa waktu terbuang diperjalanan yang memakan waktu.

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

Padahal tubuh kita membutuhkan gerakan yang dapat mencegah fungsi-fungsi tubuh berkurang. Sehingga, ketika terasa sakit sebenarnya hanya olahragalah yang kita butuhkan. Dengan melakukan yoga, alasan tidak ada waktu untuk berolah raga dapat dihapuskan.

Pasalnya, yoga dapat dilakukan dimana saja, dan kapan saja. Bahkan, ketika tengah menonton televisi ataupun bekerja. Ketika bekerja, kita seringkali membunyi kan otot-otot, bukan? Kegiatan tersebut sebenarnya boleh saja dilakukan asal dengan cara yang tepat. Hal tersebut juga dikatakan oleh seorang guru yoga wanita berparas cantik, Deera Dewi.

“Saat bekerja, kita biasanya suka pegel dan membunyikan otot, sebenarnya  hal itu tidak boleh dilakukan, jika tidak pada tempatnya. Tapi, jika mau merenggangkan otot kembali itu ada caranya sendiri,” ucap Deera Dewi, guru yoga sekaligus Program Director Namaste Festival selama 7 tahun, di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (7/9/2017).

Berdasarkan penuturan Deera, hanya dengan bantuan kursi pun, peregangan otot yang termasuk dalam yoga sudah bisa dilakukan. Caranya yaitu posisikan badan duduk dengan badan bagian atas dalam keadaan tegak, lalu putar punggung tanpa mengubah posisi duduk. Tangan kiri menyentuh belakang kursi, sementara tangan kanan ikut berputar mengikuti badan. Dengan posisi seperti ini, punggung akan tertarik. Selama memutar punggung, atur nafas perlahan. Tarik dan hembuskan nafas perlahan-lahan dengan menghayatinya. Tahan. Hitung hingga 10, lalu ulangi ke arah sebaliknya untuk menyeimbangkan.

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik

“Manfaat gerakan ini akan terasa mulai pada bagian punggung, tulang belakang, hingga low back yang pegal dan kaku karena bekerja seharian dengan posisi yang tidak berubah. Jika kursi tidak memungkinkan untuk dimanfaatkan, bantuan dari rekan kerja pun bisa digunakan dengan cara meminjam punggungnya. Selain dapat merasakan manfaat dari stretching, hubungan Anda dengan rekan pun bisa semakin dekat,” ujar Deera. 

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini