Image

Tampil Kompak dengan si Kecil, Ini Trik Pilih Batik yang Tepat

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 10 September 2017 14:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 08 194 1771985 tampil-kompak-dengan-si-kecil-ini-trik-pilih-batik-yang-tepat-fw4YEzQzDv.jpg Batik anak (Foto: Sindonews)

SEBAGIAN besar ibu cukup sepakat bahwa mendandani anak merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Coba saja ingat berapa kali Anda spontan berbelanja baju atau sepatu untuk buah hati lantaran yakin barang  tersebut akan cocok dikenakan si kecil. Apalagi baju, entah itu kemeja, kaos, blus, atau dress anak memang tampak menggemaskan.

Nah, kali ini mengapa tidak mencoba mendandani si kecil dengan batik? Jika dulu mengenakan batik identik dengan acara resmi, kini batik sudah merambah ke berbagai suasana, termasuk dalam kesempatan kasual. Bayangkan juga serunya bisa tampil kompak mengenakan batik bernuansa sama dengan si kecil. Selain itu hal ini juga bisa menumbuhkan kecintaan anak terhadap kain Nusantara warisan budaya leluhur.

(Baca juga: HARI BATIK : Padu Padan Motif Batik Anak agar Tampil Menggemaskan)

Seperti dikutip dari Sindonews, Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia (YBI) Jultin Ginanjar Kartasasmita mengatakan bahwa bahwa orang tua harus jeli memilih model batik untuk digunakan oleh anak. Sebaiknya pilih model dan warna batik yang sesuai dengan selera anak.

 "Memang anak-anak jarang pakai batik, tapi pemilihan warna batik untuk digunakan si kecil harus bisa dilakukan oleh orang tua, biasanya anak suka warna-warna yang cerah seperti biru, pink dan hijau. Warna itu lebih adem dipakai oleh anak dan membuat anak semakin cantik," ujar Jultin.

Untuk anak lelaki, pilihan jatuh pada kemeja batik, sementara anak perempuan bisa mengenakan dress batik lengan pendek atau tanpa lengan. Pilihan batik untuk anak perempuan kini juga ada blus balik yang bisa dipadukan dengan rok atau celana.

Selain itu juga perhatikan bahan batik. Ini terutama mengingat anak-anak biasanya aktif dan banyak bergerak, sehingga mudah berkeringat. Pilihlah batik dari bahan yang lembut, tidak panas, dan menyerap keringat. Bahan yang paling disarankan dan cocok untuk anak adalah katun. Selain tidak panas dan membuat anak merasa nyaman, batik dari kain katun juga tidak cepat luntur dan seratnya sangat kuat sehingga tidak mudah rusak.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini