Image

Tradisi Tarik-tarikan Ayam Khas Sunda Warnai Acara Resepsi Pernikahan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017, 21:10 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 08 194 1772327 tradisi tarik tarikan ayam khas sunda warnai acara resepsi pernikahan laudya cynthia bella dan engku emran v95VpgYI6T.jpg Foto: IGnoradanish

HARI ini, 8 September 2017, Laudya Cynthia Bella resmi menjadi istri salah satu pengusaha asal Negeri Jiran, Engku Emran. Dengan mengenakan balutan busana bernuansa putih, kedua pasangan ini terlihat bahagia ketika duduk di atas pelaminan.

Selain dekorasi tempat yang terlihat indah dan menawan, ternyata ada satu momen unik yang ikut menghiasi pernikahan Bella dan Engku. Keduanya sempat melakukan sebuah tradisi unik yang mirip dengan tradisi patarik-tarik bakakak (tarik-tarikan ayam) khas Sunda.

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

Di Indonesia sendiri, prosesi tarik-tarikkan ini biasanya dilakukan setelah akad nikah dilangsungkan, begitupun dengan yang dilakukan Bella dan Engku.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @tritigabutikmuslimah, keduanya tampak antusias ketika diperkenankan menarik bagian paha ayam secara bersama-sama. Namun saat prosesi ini berlangsung, Engku Emran lah yang mendapatkan bagian ayam terbanyak.

Foto: IG tritigabutikmuslimah

Dalam adat Sunda, mempelai yang mendapatkan bagian yang lebih besar dipercaya akan membawa kesejahteraan di dalam keluarga kecil mereka. Namun bukan berarti bahwa mempelai yang mendapat bagian ayam paling banyak adalah pihak yang harus bekerja keras. Karena pada dasarnya, upacara ini dilakukan untuk mengingatkan kedua mempelai agar saling membantu sama lain dan bekerja sama dalam membangun kesejahteraan keluarga. 

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

Sebelum tradisi tarik-tarikan ayam, Bella dan Engku juga telah melakukan tradisi suap-suapan nasi kuning dan beberapa lauk-pauknya. Tradis ini memiliki makna yang berbeda tergantung daerah atau tempat yang menyelenggarakan pesta pernikahan.

Di Indonesia, tradisi ini dikenal dengan sebutan dhahar klimah dan dilakukan setelah prosesi kacar-kucu. Dalam tradisi ini, kedua mempelai saling menyuapi nasi kuning dan lauk pauk berupa irisan telur dadar, perkedel, abon, kering tempe dan sebagainya. Lalu ditutup dengan memakan lauk pindang hati ayam sebagai lambang kemantapan hati kedua pengantin. Momen romantis ini sempat diabadikan oleh salah satu sahabat Bella dan diunggah melalui akun Instagram pribadinya, @noradanish.

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik

Para netizen pun tak kalah antusiasnya untuk memberikan ucapan selamat mereka kepada Bella dan Engku.

Congratulations for @laudyacynthiabella and husband Engku Emran,” tulis akun @annyanggraen

Wajah-wajah suami yang bisa membimbing ke surga,” tulis akun @nathaciana.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini