Image

Benarkah Salat Jumat Bisa Membuat Pria Makin Tampan? Ini Penjelasannya!

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017, 10:56 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 08 196 1771783 benarkah salat jumat bisa membuat pria makin tampan ini penjelasannya QED6NHSQUR.jpg Ilustrasi (Foto: Theconversation)

SERUAN salat Jumat untuk pria semakin gencar. Sebab salat jumat memang wajib bagi pria. Untuk menyemangati pria pergi ke masjid untuk salat Jumat banyak yang memposting meme di media sosial kalau salat Jumat bisa bikin pria makin tampan.

Kewajiban salat Jumat bagi pria disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya,

Jum’at itu wajib bagi setiap Muslim dengan berjama’ah, kecuali empat (golongan), yaitu; hamba sahaya, wanita, anak-anak dan orang yang sakit. (HR. Abu Dawud : 1069).

Baca Juga: Istri Menuntut Suami Kehidupan Mewah, Allah SWT Tegur di Surat Al-Baqarah

Berdasarkan hadits tersebut, maka jelas bahwa berjama’ah merupakan syarat salat Jum’at. Lantas di mana letak jika salat Jumat bikin pria makin tampan?

Melansir dari berbagai sumber, disebutkan bahwa di antara balasan yang Allah SWT berikan kepada hambanya yang melakukan ketaatan adalah Allah SWT jadikan dia semakin baik, secara lahir maupun batin. Ibnu Abbas menjelaskan pengaruh umum ibadah dan ketaatan, yaitu dapat membuat wajah makin cerah, hati bercahaya, dan rizki bertambah, dan fisik semakin kuat.

Baca Juga: Berdosakah Suami yang Malas Kerja? Ini Haditsnya!

Namun yang perlu digarisbawahi adalah, dunia ini hanya sementara, Allah SWT akan membalas kebaikan dan kejahatan di dua alam, entah di dunia maupun akhirat. Jadi amalan ketaatan tidak dibalas di dunia, bisa jadi Allah SWT akan membalasnya di akhirat.

Jadi, mungkin saja ungkapan salat Jumat itu bikin tampan benar. Wallah hu alam. Sebab, Rasulullah SAW pernah bercerita pada hari Jumat di surga lelaki mukmin makin tampan.

Baca Juga: Selektif Pilih Calon Istri, Jangan Nikahi Wanita yang Suka Banggakan Mantannya!

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sungguh di surga ada pasar, yang didatangi penghuni surga setiap Jum’at. Bertiuplah angin dari utara mengenai wajah dan pakaian mereka hingga mereka semakin indah dan tampan. Mereka pulang ke istri-istri mereka dalam keadaan telah bertambah indah dan tampan. Keluarga mereka berkata, ‘Demi Allah, engkau semakin bertambah indah dan tampan.’ Mereka pun berkata, ‘Kalian pun semakin bertambah indah dan cantik’” (HR. Muslim 7324).

Baca Juga: Kabar Gembira! Gua Hira, Gua Tsur dan Rute Hijrah Rasulullah Bakal Direstorasi

Maka, meme-meme yang menyebut jika pria salat jumat itu bikin makin tampan tidak perlu dibantah. Hanya saja perlu diluruskan, bahwa tujuan mengerjakan salat Jumat dan ibadah lainnya diniatkan karena Allah SWT untuk mengerjakan amal saleh bukan berharap sesuatu.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini