Image

Menikah karena Diguna-guna, Lanjut atau Cerai?

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017, 18:39 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 08 196 1772190 menikah karena diguna guna lanjut atau cerai PT6F1aYre7.jpg Ilustrasi (Foto: Thespruce)

DALAM kamus pepatah lama ada istilah yang mengatakan, "Cinta ditolak, dukun bertindak." Artinya, kalau wanita menolak cinta pria (ajakan untuk menikah-red), maka pria akan mendatangi dukun agar menguna-guna wanita supaya mau dinikahi.

Ya, meski istilah itu usang dan rasanya tak ada di zaman sekarang, tapi nyatanya pelet masih merajalela di sebagain wilayah. Jika pelet itu berhasil membuat wanita bertekuk lutut, kemudian bersedia dinikahi, sah kah pernikahannya? Lantas, apakah pasangan harus bercerai?

Dalam Islam sihir memang ada. Sihir adalah kekuatan yang diperoleh dari bantuan jin dan setan. Pelet dan guna-guna masuk dalam perbuatan sihir.

Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya jampi-jampi, jimat, dan pelet adalah kesyirikan.” (HR. Abu Daud 3883, Ibnu Majah 3530).

Dalam bahasa Arab, sihir disebut At-Tiwalah. Maksudnya sihir atau semacamnya yang digunakan untuk pengasihan wanita terhadap suaminya. Percaya pada sihir adalah perbuatan dosa. Masuk dalam dosa syirik.

BACA JUGA:

Berdasarkan informasi yang dilansir dari berbagai sumber, perihal status pernikahan secara hukum, Fatawa Syabakah Islamiyah menyatakan, selama hukum dan syarat nikah dipenuhi maka pernikahannya sah. Namun, dikembalikan lagi kepada rukun dan syarat, jika terpenuhi maka juga tetap sah.

Jika pelaku guna-guna sudah mengetahui dosa atas perbuatannya, maka dianjurkan untuk segera bertaubat. Kemudian menjaga diri bersama pasangan agar terhindar dari sihir atau pelet.

Baca Juga:

Untuk melanjutkan pernikahan atau tidak, tergantung keputusan masing-masing. Jika pasangan yang diguna-guna tidak ridha ia berhak meminta cerai.

Ada pun dampak dari cinta karena hasil guna-guna adalah rasa cinta berlebihan terhadap pasangan, nafsu seksual tinggi, tidak dapat menahan rasa cinta, hingga patuh dan taat kepada pasangan (pelaku guna-guna-red).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini