FOOD STORY: Kenali Mi Glosor Jawa Barat yang Artinya Mi Licin & Mengilap, Jajal Juga Resepnya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 11 September 2017 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 08 298 1772096 food-story-kenali-mi-glosor-jawa-barat-yang-artinya-mi-licin-mengilap-jajal-juga-resepnya-jhUAwocVWQ.jpg Mi glosor khas Jawa Barat (Foto:Travellingyuk)

 

PERNAH pergi ke daerah Tasikmalaya atau sekitarnya? Mungkin sempat melihat kedai-kedai atau warung yang menjual mi glosor. Melihat namanya yang unik tentu bikin Anda penasaran bagaimana tampilan dan rasa mi glosor ini bukan?

Dikutip dari buku 80 Warisan Kuliner Nusantara yang disusun Semijati Purwadaria, Senin (11/9/2017), nama hidangan ini memang tak biasa. Bahkan jauh dari nama asal daerahnya, seperti misalnya mi jawa atau mi aceh. Tapi bagi masyarakat Pasundan, tentu mi glosor bukan hal aneh. Golosor sendiri berasal dari bahasa sunda yang artinya meluncur karena licin. Menu ini asli dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Konon menurut cerita yang dirunut, mi ini sudah ada sejak 1950-an.

Nama mi ini sesuai dengan ciri dan bentuk mi yang mengkilat dan licin. Sekilas tampak seperti spaghetti. Tak seperti kebanyakan mi yang terbuat dari tepung terigu, mi glosor terbuat dari bahan utama tepung kanji.

 

Mi ini memiliki 2 varian yakni mi rebus dan mi goreng. Seporsi mi ini diolah bersama berbagai tambahan bahan mulai dari ayam, udang dan sawi. Tapi sekarang pedagangnya lebih kreatif, mi glosor bahkan bisa disajikan bak semangkuk mi bakso yang lengkap dengan bakso sapi.

Ciri khas rasa mi ini gurih campur asam karena diberi campuran acar mentimun dan wortel. Saat disantap mi terasa lembut dan sesuai namanya yang langsung ngaglosor ke rongga tenggorokan.

Penasaran dengan rasa mi glosor? Tak perlu datang langsung ke Tasikmalaya, coba dulu buat di rumah. Simak resepnya yuk!

Resep Mi Glosor

Bahan

600 gr mi glosor

150 gr udang basah

150 gr daging ayam

50 gr caisim, potong-potong

2 batang daun bawang, potong-potong

1 buah bawang bombay, cincang kasar

½ sdt kaldu ayam bubuk

1 sdm kecap manis

1 sdt kecap asin

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

200 ml air kaldu ayam

2 sdm minyak untuk menumis

 

Bumbu halus

6 siung bawang putih

4 buah cabai merah besar

1 sdt ebi, seduh dan sangrai

Cara membuat

1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan bawang bombay sampai harum. Masukkan udang dan ayam. Aduk sampai berubah warna;

2. Tambahkan caisim dan daun bawang. Aduk sampai layu. Tuang air. Masak sampai kental. Masukkan mi, aduk rata;

3. Tambahkan kaldu ayam bubuk, kecap manis, kecap asin, garam dan merica bubuk. Masak sampai matang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini