nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Bikin Makanan Buat si Baby, Bunda Harus Perhatikan 4 Hal Penting

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 11 September 2017 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 08 298 1772118 jangan-asal-bikin-makanan-buat-si-baby-bunda-harus-perhatikan-4-hal-penting-yEsFThz04b.jpg Makanan untuk bayi (Foto:Thedailymeal)

USIA bayi yang baru belajar mengenal rasa dan tekstur makanan membuat tubuhnya masih sensitif. Jangan asal membuat makanan dan menyuapkannya pada si baby, perhatikan beberapa hal penting terkait pengolahan makanannya.

Dilansir dari Mashed, Senin (11/9/2017) ada beberapa hal penting yang jadi pedoman bagi Bunda untuk membuat makanan baby. Salah satunya menjamin kualitas bahan dan kebersihan alat yang digunakan. Berikut beberapa hal yang bisa jadi perhatian ekstra.

BACA JUGA:

Tidak Hanya Daging, Ini Sederet Trik Mengolah Semur Gunakan Seafood agar Tambah Lezat

Lezatnya Kunafa Gaza, Hidangan Sejak Zaman Khalifah Ali bin Abi Thalib

Pastikan semua bahan baku bersih

Sebelum mengolahnya jadi makanan bayi, tentu beberapa bahan baku harus melewati proses pencucian. Pastikan semua bahan sudah bersih sebelum diracik dan diolah menjadi makanan. Cuci buah dan sayuran dengan air mengalir hingga bersih, buang biji buah apalagi yang berukuran kecil. Demikian juga jika menggunakan daging sapi atau daging ayam. Pastikan semua sudah dalam keadaan bersih.

 

Perhatikan alat pengolahan

Makanan bayi bisa dibuat sesuai dengan usia bayi, termasuk dalam hal teksturnya. Makanan bayi dibuat halus dan encer jika bayi masih belajar menyantap mpasi, sementara makanan yang lebih bertekstur cocok diberikan untuk bayi yang sudah lebih besar, tentu dengan gigi bayi yang juga sudah lebih banyak. Alat yang penting dibutuhkan adalah pisau, talenan, blender, food processor, panci dan lain sebagainya. Bunda harus pastikan semua alat ini dalam keadaan bersih dan berstatus food grade.

BACA JUGA:

Siapkan Perut dan Kamera, Ada Burger Luna Hingga Kari Hitam Tuxedo Bertopeng di Sailor Moon Cafe, Jepang

4 Makanan Tak Terduga yang Sering Dicuri Orang, Salah Satunya Buah Alpukat!

Teknik pengolahan

Sama seperti mengolah makanan orang dewasa, makanan bayi juga bisa dibuat dengan berbagai teknik namun yang lebih sederhana pastinya. Beberapa teknik masak yang sering digunakan adalah mengukus, merebus atau justru hanya melumatkannya hingga lembut. Jika melumatkan makanan secara manual misalnya melumatkan kentang, pisang atau ubi menggunakan garpu, pastikan Anda menggerusnya dengan rasa. Jika masih ada bagian yang tidak lembut, dikhawatirkan bayi akan tersedak.

Perhatikan cara menyimpannya

Beberapa jenis makanan bisa disimpan dalam jangka waktu cukup lama. Jika makanan olahan ini bisa disimpan maka pastikan bubur ini diletakkan dalam wadah bertutup rapat yang kedap air dan udara. Simpan makanan dalam freezer dan jika hendak disantap, manfaatkan microwave untuk memanaskannya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini