nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TERUNGKAP! Ini Daftar 20 Negara Berbahaya, Termasuk Tujuan Liburan Populer

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 11 September 2017 08:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 08 406 1772050 terungkap-ini-daftar-20-negara-berbahaya-termasuk-tujuan-liburan-populer-a6EYxKHaBy.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

BARU-BARU ini World Economic Forum (WEF) merilis daftar negara paling berbahaya di dunia. Daftar ini diumumkan dalam laporan tahunan Travel and Tourism Competitiveness Report.

Laporan tersebut menganalisis pariwisata di 136 negara di seluruh dunia. Penilaian pun dilakukan berdasarkan risiko keamanan dan sejauh mana negara mengekspos wisatawan dan bisnis.

“Mengukur sejauh mana negara mengekspos wisatawan dan bisnis terhadap risiko keamanan terutama terkait dengan bahaya serius terhadap orang (kekerasan dan terorisme),” tulis pernyataan WEF dikutip dari Express, Senin (11/9/2017).

Baca Juga: Indonesia Masuk Papan Atas Daftar Negara Terindah di Dunia, Kalahkan Inggris dan Amerika

Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Jelajah Museum Keramik Hoi An, Koleksinya Sejak Abad ke-8 Masehi

Posisi pertama sebagai negara paling berbahaya diduduki oleh Kolombia. Banyaknya kasus kekerasan dan penculikan yang ada di negara ini membuatnya sebagai negara paling berbahaya di dunia. Ditambah dengan pencurian dan perdagangan manusia, negara ini semakin dianggap tak aman. Bahkan masalah terorisme juga menjadi salah satu masalah utama di negara ini.

Mesir juga masuk ke dalam daftar negara berbahaya karena menjadi target kelompok ekstremis ISIS. Sehingga wisatawan yang berlibur ke Mesir dianggap tidak aman.

Namun yang lebih mengejutkan adalah masuknya dua negara Asia Tenggara tujuan liburan populer di dunia, yakni Filipina dan Thailand. Filipina yang terkenal dengan keindahan wisata pantainya ternyata tak menjamin negara tersebut aman untuk wisatawan.

Banyaknya tindakan terorisme oleh kelompok ekstremis menjadi alasan Filipina masuk ke dalam daftar negara tak aman.

Baca Juga: Misteri Pohon Tembaga, Konon Cuma Satu di Indonesia dan Ukurannya Tak Berubah

Baca Juga: Mengejutkan! Pariwisata Iran Meroket, Magnet Jejak Kejayaan Persia Salah Satu Pemicunya

Begitu pula dengan Thailand yang dapat dibilang sebagai raja pariwisata Asia Tenggara. Negara ini berada di urutan ke-19 sebagai negara yang berbahaya untuk dikunjungi.

Dalam 13 tahun terakhir, tercatat 6.500 orang tewas akibat tingginya angka kekerasan. Empat provinsi yang dinilai rawan adalah Yala, Pattani, Narathiwat, dan Songkhla.

Berikut daftar 20 negara berbahaya dari laporan Travel and Tourism Competitiveness Report oleh World Economic Forum:

1. Kolombia

2. Yaman

3. El Savador

4. Pakistan

5. Nigeria

6. Venezuela

7. Mesir

8. Kenya

9. Honduras

10. Ukraina

11. Filipina

12. Lebanon

13. Mali

14. Bangladesh

15. Chad

16. Guatemala

17. Afrika Selatan

18. Jamaika

19. Thailand

20. Republik Demokratik Kongo

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini