nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: 4 Tempat Terbaik untuk Berwisata dan Berburu Batik di Yogyakarta

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 10 September 2017 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 08 406 1772131 okezone-week-end-4-tempat-terbaik-untuk-berwisata-dan-berburu-batik-di-yogyakarta-yPOast1zuX.jpg Wisata Batik (Foto: Utami/Okezone)

SELAIN dikenal sebagai kota pelajar dan budaya, Yogyakarta juga dikenal sebagai salah satu penghasil batik. Sehingga bisa memanjakan pelancong yang ingin berwisata sambil berbelanja batik.

Di Yogyakarta, ada banyak tempat yang wajib dikunjungi para pencinta batik. Di sana, Anda juga bisa belajar membatik dari para pengrajin. Lalu tempat mana saja yang bisa disinggahi untuk berwisata tentang batik? Simak ulasannya seperti Okezone rangkum berikut:

Baca Juga: OKEZONE WEEK-END: Eksistensi Kain Tradisional di Kalangan Millenial, Semakin Hari Semakin Baik

Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik Ngasem sudah dikenal sejak tahun 1970-an. Kampung ini menawarkan berbagai macam jenis kain batik. Mulai dari lembaran kain batik hingga pakaian dan aksesori batik yang sudah jadi. Bahkan Anda juga bisa menemukan tas, sepatu, dan sarung seprai dengan motif batik. Anda bisa memilih ingin membawa pulang batik cap atau batik tulis. Harganya pun masih bisa ditawar sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Di sini, Anda tak hanya bisa membawa pulang batik kesukaan, tetapi juga bisa berkunjung ke pabriknya langsung.

Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo terletak di bawah kaki perbukitan Imogiri. Tidak begitu dekat dengan pusat kota membuat kampong ini memiliki suasana yang menenangkan dan begitu damai. Batik yang diproduksi di kampung ini cenderung menggunakan warna alam seperti putih, coklat, dan biru. Tak hanya membeli batik, Anda bisa melihat proses pembuatan batik tulis dan juga berwisata kuliner di area dekat sini. Kampung Batik Giriliyo juga menawarkan paket wisata batik dengan minimal 5 peserta dan maksimal 500 peserta.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata di Sepanjang Jalur Mudik Pantura

Pasar Beringharjo

Jika Surakarta memiliki Pasar Klewer, maka Yogyakarta juga memiliki Pasar Beringharjo untuk berburu batik dengan harga murah. Terletak di sekitar kawasan wisata Malioboro, Pasar Beringharjo menjadi magnet wisata di Yogyakarta. Mulai dari kain, pakaian jadi, tas, sepatu hingga aksesori seperti gelang dan kotak tisu dengan motif batik bisa dibawa pulang dengan harga yang murah. Bahkan jika Anda tidak menawarnya, harganya tetap murah.

Batik Indah Rara Djonggrang

Industri pembuatan batik yang terletak di Jalan Tirtodipuran ini telah ada sejak 1958. Batik yang diproduksi di sini memiliki motif dan corak yang beragam. Benda yang dijual pun beragam, mulai dari lembaran kain, pakaian, tas, sepatu, taplak meja, hingga dompet. Ada pula hiasan dinding dan lukisan yang bisa Anda bawa pulang dari sini. Anda juga bisa belajar membatik di bagian belakang gerai yang cukup luas. Bahkan Anda bisa melihat proses pembuatan batik dari membuat pola, membatik, hingga penggunaan warna pada kainnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini