nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SHARE LOC: Berada di dalam Hutan, Danau Paisu Pok di Sulawesi Tengah, Tawarkan Wisata Air yang Jernihnya Sebening Kaca

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 11 September 2017 05:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 08 406 1772371 share-loc-berada-di-dalam-hutan-danau-paisu-pok-di-sulawesi-tengah-tawarkan-wisata-air-yang-jernihnya-sebening-kaca-7HD9mAw7WS.jpg Foto: IGparapejalan

INDONESIA memiliki beberapa danau dengan air yang begitu jernih dan sebening kaca. Salah satu yang terkenal adalah Danau Labuan Cermin di Berau, Kalimantan Timur.

Tapi rupanya bukan hanya Kabupaten Berau saja yang memiliki danau indah itu. Di tempat yang tersembunyi di Sulawesi Tengah, tersimpan keindahan Danau Paisu Pok yang tak kalah indahnya.

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

Berada di dalam hutan, Danau Paisu Pok terletak di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Suasananya begitu hening dan memberi ketenangan bagi jiwa. Cocok untuk Anda yang sedang mendambakan kedamaian dan mencoba “kabur” dari rutinitas sehari-hari yang menjemukan.

Foto: IGparapejalan

Danau Paisu Pok memiliki air yang begitu jernih dan membuat seluruh dasar danau bisa terlihat jelas dengan mata telanjang. Anda bisa berwisata dengan menyusurinya menggunakan perahu. Jika tak bisa menahan godaan, berenanglah dan nikmati kesegaran alam yang memanjakan tubuh.

Dalam bahasa setempat, Paisu Pok berarti air hitam. Mungkin agak terdengar aneh karena kenyataannya danau ini memiliki air yang begitu jernih dan transparan.

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

Warna hitam yang dimaksud dahulu sebenarnya adalah pantulan warna rumput yang gelap di dasar danau. Rerumputan yang tumbuh di sebagian besar dasar danau ini membuat danau terlihat hitam. Padahal ini hanyalah warna rumput dan terlihat dari atas kolam.

Jika foto diambil dari atas, Anda akan semakin menyadari bahwa Danau Paisu Pok begitu mempesona. Gradasi warna toska dan hijau tua terlihat di seluruh area danau. Pohon-pohon kelapa yang memenuhi sekeliling danau juga terlihat indah dengan warna hijau mudanya.

Uniknya, danau ini tidak hanya jernih. Tetapi juga memiliki dua rasa yang berbeda, yakni rasa asin dan tawar. Dahulu, seluruh air di danau ini memiliki rasa asin karena letaknya dekat dengan laut. Namun setelah sekian lama, perlahan dua rasa bertemu di Danau Paisu Pok.

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik

Untuk mencapai Danau Paisu Pok, Anda harus menempuh jarak sekira 3 jam dari pusat kota Banggai. Kemudian jika sudah sampai di Desa Luk Panenteng, Anda perlu melanjutkan berjalan kaki sekira 10 menit melewati hutan. Namun jangan khawatir, perjalanan yang Anda lewati akan terasa memuaskan ketika sudah tiba di tepi Danau Paisu Pok. Anda bisa menjadikannya sebagai tujuan pilihan berlibur di akhir pekan.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini