TERUNGKAP! Alasan Sering Mual saat Hamil Muda

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 08 481 1771889 terungkap-alasan-sering-mual-saat-hamil-muda-uZuQSj53tv.jpg Mual saat hamil muda (Foto: Parents)

MASA-masa hamil muda bisa membuat wanita 'mabuk' atau sering mual. Di balik itu, tak banyak orang tahu pencetusnya karena tak dapat dihindari.

Kehamilan bisa menjadi tahap yang rentan membuat Anda sakit. Ada banyak perubahan yang terjadi di dalam tubuh, sehingga menyebabkan morning sickness.

Perubahan itu juga bisa membuat Anda sering jatuh sakit dan terkena infeksi. Bagian terburuknya adalah Anda tidak bisa makan enak dan minum suplemen untuk melawan infeksi.

Meski demikian, jangan putus asa dengan masalah mual. Simak alasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Jumat (8/9/2017).

 BACA JUGA:

Perut Mual saat Hamil Muda, Hangatnya Wedang Jahe Ampuh Mengatasinya

Sistem kekebalan tubuh lemah

Selama hamil, imunitas Anda bisa menurun. Itulah mengapa setiap wanita rentan sakit di awal kehamilan. Seharusnya, hal ini bisa dicegah dengan konsumsi suplemen dan makanan sehat setiap saat.

Ada pengaruh janin

Ada alasan di balik imunitas rendah pada ibu hamil. Hal ini bisa terjadi akibat janin yang sedang tumbuh. Tubuh perlu mengekang tindakan kekebalan tubuh sampai janin berkembang dan mencapai tahap perkembangan. Hal ini tak bisa ditolak, apalagi kalau Anda tak menjaga kesehatan tubuh.

BACA JUGA:

Meningkatnya hormon estrogen

Ketika hamil, produksi hormon estrogen meningkat. Ada juga pengaruh dari progesteron dan glukokortikoid yang memiliki efek pada tindakan inflamasi sistem kekebalan tubuh untuk mencegah cacat janin.

Saat ibu hamil sering mengalami morning sickness, Anda harus mengambil tindakan menjaga kekebalan tubuh agar tetap stabil. Konsumsi makanan dan vitamin yang bergizi.

Hindari pula paparan lingkungan yang tidak sehat dan beracun. Tak cukup itu, konsultasi dengan dokter setiap minimal tiga bulan sekali.

Cara-cara tersebut dapat dilakukan supaya ibu hamil tetap nyaman beraktivitas dan bekerja, tanpa harus mengalami morning sickness.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini