nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Mengenal Inspirasi Busana Pengantin dari Suku Dayak

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 10 September 2017 14:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 10 194 1773005 okezone-week-end-mengenal-inspirasi-busana-pengantin-dari-suku-dayak-9s9UdErtFe.jpg Pernikahan Kezia Karamoy dengan Busana Pengantin Khas Dayak (Foto: Youtube)

RAGAM tata rias dan busana pengantin di Indonesia memiliki adat dan kekhasan masing-masing. Hal ini yang membuat para pengantin bisa memilih adat sesuai asal daerahnya.

Kali ini, Okezone akan membahas riasan pengantin dan busana dari entitas terbesar dalam budaya masyarakat Kalimantan, suku Dayak. Ada pun dalam upacara pernikahan, sepasang mempelai pria dan wanita suku Dayak umumnya akan mengenakan baju adat Kustim.

Baju kustim terdiri atas baju kurung dan bawahan, riasan sanggul berhias kembang goyang dan tali kuantan untuk mempelai wanita. Sementara, setorong atau topi berbulu untuk mempelai pria.

BACA JUGA:

Selain mengenakan baju kustim, pada proses bealis dalam upacara pernikahan, pengantin pria dan wanita Dayak wajib mengenakan baju sakai. Untuk mempelai wanita, baju ini terdiri atas kebaya lengan panjang, bawahan tapeh badong, batik celup, kalung susun tiga, dan sanggul yang dihiasi ragam pernik seperti kembang goyang tiga buah, bunga melati, dan tajok mawar.

 

Namun, seiring berkembangnya zaman, tampaknya beberapa pasangan pengantin yang memilih busana adat Dayak saat hari bahagianya, mulai memadukannya dengan sisi modern. Tilik saja gaya busana salah seorang personel girlband Cherrybelle, Kezia Karamoy.

Saat hari pernikahannya yang berlangsung pada Maret lalu, ia menjatuhkan pilihan pada adat Dayak. Kezia tampak anggun dalam balutan kebaya modern berpotongan lengan panjang warna emas dengan ornamen merah. Kebaya tersebut tampak dipasangkan dengan kain songket berwarna senada.

 

 BACA JUGA:

Tatanan rambutnya dibuat sanggul dengan tinggi sasak yang lebih tinggi di bagian depannya. Untuk aksesori pada rambutnya, ia mengenakan kembang goyang sebanyak tujuh buah dan aksen lain yang tinggi berwarna coklat. Selain itu ada aksesori lain yang digunakannya, yakni kalung dan anting panjang.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini