nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AWAS! 5 Gejala Penyakit Kulit Ini Sering Disalahartikan, Kenali Ciri-cirinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 September 2017 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 10 481 1772832 awas-5-gejala-penyakit-kulit-ini-sering-disalahartikan-kenali-ciri-cirinya-1xiwfkUuHV.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

MASALAH kulit sepertinya menjadi penyakit banyak orang. Lingkungan yang tidak bersih, pola makan yang salah, pun faktor pendukung lainnya yang dekat dengan kehidupan Anda menjadi pemicu masalah ini.

Tapi, jangan kira penyakit kulit itu hanya ada satu saja. Misalnya kulit memerah, lalu Anda mendefinisikannya sebatas iritasi semata. Padahal, jika ditelusuri riwayat masalah itu, bisa saja itu merupakan gangguan di kulit lainnya. Bahkan, bisa menjadi gejala dari masalah kulit yang lebih ekstrim.

Lebih lanjut, sebuah survei yang dilakukan British Skin Foundation yang diterbitkan tahun lalu menyatakan bahwa 60persen orang saat ini menderita penyakit kulit. Penyakit kulit sendiri dapat mencakup kondisi umum seperti jerawat sampai luka ekstrim. Gejalanya bisa keringnya kulit sampai dengan bersisik. Ada juga yang pipinya memerah.

Baca Juga:

Nah, untuk membedakan penyakit kulit tersebut, dilansir dari Express, Senin (11/9/2017), ada beberapa ciri khusus dari setiap penyakit kulit yang memang jika dilihat menggunakan kacamata orang awam gejalanya hampir sama. Berikut 5 gejala penyakit kulit tersebut:

1. Ulcer di Kulit

Masalah ini bisa mengkhawatirkan setiap orang. Cancer Research UK menggambarkannya sebagai area kulit yang pecah. Ada pendapat lain, jika masalah ini tidak sembuh dalam 4 minggu, bisa jadi pertanda kanker kulit. gejala lain dari masalah ini seperti sakitnya tidak hilang dan bentuknya terlihat tidak biasa, benjolannya merah muda dan mengkilap, dan ada bercak merah yang mungkin juga gatal.

2. Kulit Kering dan Bersisik

Jika Anda sudah mengalami masalah ini, Anda harus waspada. Sebab, kondisi kulit kering dan bersisik adalah gejala masalah kulit psoriasi. Selain tanda itu, masalah ini juga bisa dikenali dari bercak kulit yang berwarna merah dan ditutupi sisik perak, serta ada rasa gatal dan nyeri di bagian kulit yang bermasalah.

Sebetulnya, masalah psoriasis itu masalah genetika atau masalah kekebalan tubuh yang sangat lemah. Tapi, ada faktor penyebab lainnya seperti merokok, stres, minum alkohol, atau mengonsumsi obat-obatan seperti ibuprofen atau beta-blocker.

3. Pipi Merah

Kondisi pipi seperti ini bisa menjadi gejala intoleransi diet. Ahli Gizi dan Pendiri Nosh Detox Geeta Sidhu-Robb menjelaksan seseorang yang intoleransi terhadap suatu makanan biasanya memberikan reaksi seperti pipi merah dan timbul bercak di wajah. Makanan yang biasanya menyebabkan intoleransi di tubuh itu seperti susu, gluten, atau kedelai. Geeta menambahkan, ketidakseimbangan hormonal bisa menjadi penyebab lain pipi memerah.

BACA JUGA:

4. Gatal dan Kulit Pecah-pecah

Kondisi ini merupakan tanda ekstrim atopik. Menurut NHS, kondisi tersebut memicu munculnya bercak merah dan terasa kering serta sakit. Kondisi yang demikian paling sering terjadi di tangan, bagian dalam siku, atau lutut. Faktor penyebabnya beragam, bisa karena genetika, alergi makanan, cuaca, pakaian, atau iritasi tertentu seperti sabun atau krim pencuci piring.

5. Benjolan Keras di Bawah Kulit

Menurut NHS, kondisi ini bisa berupa nodul atau sejenis spot yang disebabkan jerawat. Kondisi kulit lainnya seperti komedo, whiteheads, papula, atau benjolan merah kecil, postula dengan ujung putih di tengahnya, atau kista yang besar, serta benjolan bernanah yang membawa risiko jaringan parut permanen.

Nah, kebanyakan orang dengan jerawat akan mengalami masalah tersebut di wajah mereka. Salah satunya, ya, karena kulit berminyak. Faktor penyebabnya bisa karena luka berlubang di kulit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini