Share

Lini Busana Lokal Sudah Berkembang Pesat, Bahkan Indonesia Menduduki Peringkat 4 Pemasok Pakaian Terbesar di Dunia

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 11 September 2017 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 11 194 1773610 lini-busana-lokal-sudah-berkembang-pesat-bahkan-indonesia-menduduki-peringkat-4-pemasok-pakaian-terbesar-di-dunia-QidFxVaDz0.jpg Fashion show (Foto: Dokumen Okezone)

SALAH satu bagian dari industri kreatif di Tanah Air, yakni industri fesyen boleh dibilang dari waktu ke waktu memang geliatnya semakin terlihat nyata.

Selain bisa dilihat dari sederet acara pagelaran busana akbar seperti Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, hingga Muslim Fashion Festival yang rutin dihelat meriah setiap tahunnya.

BACA JUGA:

Belum lagi dengan cukup seringnya nama-nama desainer dan label pakaian lokal seperti Dian Pelangi, Ria Miranda, IKYK, hingga Barli Asmara tampil di panggung pentas runway pagelaran busana berkelas internasional mulai dari Jepang, Korea Selatan, sampai Amerika Serikat.

Perkembangan geliat dunia fesyen Tanah Air ini juga tentunya bisa dilihat dari semakin banyak bermunculannya label lokal yang menawarkan gaya andalannya masing-masing. Di mana ini juga bisa diartikan, pasar domestik memang punya daya beli yang tinggi.

Geliat perkembangan lini-lini fesyen lokal yang makin pesat ini, nyatanya juga dirasakan dan dilihat langsung oleh salah satu pelaku di industri fesyen Tanah Air. Hal ini diungkapkan langsung oleh Yennitha Leonardi, selaku brand manager dari lini fesyen lokal karya anak bangsa, Edition.

“Kalau ditanya dari kacamata pelaku industri fesyen di Tanah Air, bagaimana melihat perkembangan lini busana lokal di sini. Menurut saya sudah semakin maju ya, berbanding lurus dengan kemajuan dari dunia fesyen Indonesia itu sendiri. Indonesia kini bisa dibilang, dunia fesyennya makin dilirik tidak hanya cakupan Asia tapi dari kacamata dunia internasional juga,” papar Yennitha saat ditemui Okezone dalam acara ‘Indonesian Cotton Day by Cotton USA’ di kawasan Mega Kuningan belum lama ini.

Yennitha juga memaparkan bahwa sepak terjang industri fesyen Tanah Air, sejatinya tidak bisa dianggap remeh sejak dulu.

BACA JUGA:

“Indonesia kan dari dulu sudah dikenal sebagai salah satu pemasok apparel terbesar di dunia. Sekarang saja kita ada di posisi nomor empat, lalu saya pikir dengan adanya peraturan baru dari pemerintah kita dalam hal banned alias pelarangan masuk produk-produk China, ini peluang banget untuk retail Indonesia termasuk para lini lokal karya anak bangsa bisa lebih maju,” tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini