Image

Apakah Kamar Tidur Anda Sudah Layak Disebut Ruang Istirahat Bebas Stres? Simak dan Kenali Cirinya!

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 17:21 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 09 11 196 1773673 apakah kamar tidur anda sudah layak disebut ruang istirahat bebas stres simak dan kenali cirinya imZbylcAug.jpg Tempat tidur nyaman (Foto: Theatlasbuilding)

KAMAR tidur dulunya adalah tempat dimana seseorang hanya bisa masuk pada akhir hari dan tidak berkunjung lagi sampai malam berikutnya. Namun, belakangan ini fungsi kamar berubah menjadi pusat hiburan yang dilengkapi fasilitas TV, telepon dan tablet hingga perabotan penunjang lainnya.

Jika Anda tidak membuat kamar tidur menjadi tempat terbaik untuk tidur, mungkin Anda telah mengabaikan diri sendiri. Ingat, sejatinya Anda butuh dan pantas mendapatkan kamar yang nyaman. Mengingat, dalam beraktivitas sehari-hari kerap muncul gangguan stress, gelisah, hingga tekanan lainnya.

Untuk menciptakan kamar tidur yang ideal sesuai kenyamanan, ada lima aspek penting yang harus dipenuhi dan diperhatikan. Maka, inilah kunci menciptakan kamar ideal bebas stress yang didapat dari penataan yang tepat.

BACA JUGA:

Pencahayaan

Lampu redup membuat tubuh lebih mudah istirahat. Jika di kamar tak tersedia lampu yang kecil, Anda pasti akan mematikan lampu utama. Nah, untuk mendapatkan tidur yang kondusif, ganti lampu memancarkan cahaya putih terang dengan lampu cahaya sedikit kemerahan. Semakin panas lampu bohlam semakin kondusif untuk tidur.

Gorden

Kegelapan merangsang produksi melatonin di otak dan semakin terpapar sinar melatonin semakin muncul tekanan. Inilah sebabnya mengapa menghindari elektronik di akhir hari penting karena memancarkan cahaya biru yang mencegah pelepasan melatonin ini. Dapatkan tirai pemadaman yang banyak digunakan di hotel-hotel untuk menghilangkan cahaya luar. Gorden seperti itu juga bisa membantu menghalangkan suara luar agar tidur lebih nyenyak.

Warna Kamar

Anda ingin menciptakan rasa tenang dan warna bisa membantunya. Warna bijaksana yang paling menenangkan untuk menciptakan lingkungan yang baik di kamar meliputi, lavender, abu-abu pucat, biru tenang, aqua, pink pucat, dan krem.

Suhu

Ini mungkin tampak menarik untuk memiliki ruangan yang hangat karena membuat tidur lebih baik tapi itu sebenarnya bukan suhu yang ideal. Kamar Anda seharusnya mendapat suhu sejuk. Suhu tubuh Anda secara alami turun saat tertidur sehingga dengan ruangan lebih dingin proses pelepasan stress dan tekanan lebih mudah. Suhu kamar tidur harus 5-10 derajat lebih dingin daripada suhu siang hari.

BACA JUGA:

Kasur

Ada begitu banyak pilihan kasur di luar sana. Kasur yang super lembut adalah yang terbaik untuk tidur. Gunakan bantal keseimbangan yang dapat menjaga kesehatan tulang belakang Anda.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini