Tangan Terasa Terbakar Setelah Memotong Cabai? Redakan Baking Soda dan 3 Bahan Berikut Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 11 September 2017 04:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 11 298 1773245 tangan-terasa-terbakar-setelah-memotong-cabai-redakan-baking-soda-dan-3-bahan-berikut-ini-Tcw2BXbaY9.jpg Potong cabai (Foto: Instructables)

MAKANAN bercita rasa pedas biasanya selain hadir dengan rasa yang sedap, juga mampu membangkitkan nafsu makan sehingga membuat ketagihan.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa untuk memasak hidangan pedas tersebut. Kita terkadang mengalami ‘burning sensation’, yakni suatu keadaan di mana bagian tangan terasa seperti panas perih terbakar. Hal itu bisa timbul akibat adanya kontak antara kulit tangan dengan cabai yang mengandung minyak cabai.

Untuk menyiasati masalah di atas, ada loh sederet bahan-bahan di rumah yang bisa difungsikan untuk menengkan tangan yang mengalami kondisi ‘burning sensation’ di atas tersebut. Apa saja? Mari baca ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA:

FOOD PARTY: Makan Siang Lagi Ingin Makan Ayam Penyet? Ini 5 Tempat yang Paling Enak di Jakarta

FOOD STORY: Lezatnya Gulai Bulung Gadung, Warisan Nenek Moyang Orang Mandailing Natal

1. Minyak : Minyak disebutkan bisa menjadi bahan rumahan, yang bisa dipakai untuk meredakan rasa sensasi terbakar di tangan karena terlalu banyak atau lama memegang cabai. Beberapa mengklaim bahwa dengan membalurkan tangan dengan tetesan minyak sayur atau minyak zaitun sebelum mulai memotong-motong cabai, adalah cara yang efektif untuk mencegah tangan menjadi panas dan perih.

2. Sabun pencuci piring : Alih-alih mencuci tangan yang panas nan terbakar ini dengan air dan sabun pencuci tangan biasa, disebutkan bahwa untuk menghilangkan efek dari minyak cabai ini adalah dengan mencuci tangan dengan sabun pencuci piring setiap usai memotong-motong cabai.

3. Susu atau yogurt : Selain enak untuk dikonsumsi sebagai minuman untuk meredakan rasa pedas di mulut dan tenggorokan, saat sedang menyantap aneka makanan pedas. Susu dan yogurt juga memiliki khasiat untuk meredakan sensasi terbakar pada tangan akibat cabai ini loh! Caranya mudah kok, cukup rendam tangan yang sedang perih terbakar tersebut ke dalam wadah berisi cairan susu atau yogurt hingga rasa terbakar benar-benar hilang.

BACA JUGA:

Dambakan Anak Doyan Sayur, Pastikan Dulu Ibunya Setiap Hari Masak

RESEP NENEK: Lezatnya Sate Pentul Betawi untuk Teman Bersantap, Sate Banyumas Tidak Kalah Nikmat

4. Pasta baking soda : Baking soda memang hadir sebagai salah satu bahan rumahan yang punya sederet manfaat. Salah satunya juga untuk meredakan tangan yang terbakar akibat memegang cabai, caranya cukup buat pasta baking soda kental dari campuran baking soda dan air. Setelah itu, langsung oles pasta baking soda tersebut ke area tangan, diamkan hingga benar-benar kering terlebih dahulu sebelum dibilas bersih. Demikian seperti diwarta Thekitchn.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini