nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui Perbedaan Antara Telur Ayam Berwarna Coklat dan Putih

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 11 September 2017 18:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 11 298 1773706 ketahui-perbedaan-antara-telur-ayam-berwarna-coklat-dan-putih-bFaAb7FJfV.JPG Telur ayam putih dan coklat (Foto: Farmhouselife)

TELUR ayam hadir dengan banyak kegunaan sebagai salah satu bahan makanan mentah. Olahan menu telur ayam kerap dijadikan lauk andalan dalam berbagai menu, seperti misalnya telur rebus atau telur goreng mata sapi untuk menu sarapan, lalu lauk pendamping dalam menu makan siang, sampai salah satu bahan yang paling penting saat membuat kue untuk dessert ataupun appetizer.

Telur ayam sendiri hadir di pasaran, dengan dua jenis varian warna. Yaitu telur ayam yang cangkang kulitnya berwarna coklat, dan ada juga telur ayam yang cangkang kulitnya berwarna putih bersih. Tentu Anda familiar melihat dua jenis telur ayam ini di pasaran bukan?

Namun sebenarnya, apakah perbedaan di antara keduanya? Daripada penasaran, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan perbedaan antara telur ayam berwarna coklat dengan telur ayam berwarna putih di bawah ini, sebagaimana dikutip Timesofindia, Senin (11/9/2017).

BACA JUGA:

Kuning telur (yolk) 

Pada bagian kuning telur, ada perbedaan yang cukup mencolok di antara telur berkulit cangkang coklat dengan telur berkulit cangkang putih. Disebutkan, telur ayam berwarna coklat mempunyai bagian kuning telur alias yolk berwarna lebih pekat daripada kuning telur di telur ayam berwarna putih. Hal ini dikarenakan ayam betina diberikan asupan jagung dalam jumlah banyak pada saat berkembang-biak.

Harga 

Tahukah bahwasanya, untuk perihal harga telur ayam berkulit warna coklat ini hadir dengan banderolan harga yang lebih mahal? Sebabnya adalah karena, telur ayam berwarna coklat datang dari ayam-ayam yang mempunyai selera makan besar dan ukuran tubuh yang lebih besar. Karena makan lebih banyak, maka dari itu ayam betina yang menghasilkan telur ayam berwarna coklat memakan biaya lebih mahal saat dikembang-biakkan.

Ternak yang lebih mudah 

Di pasaran secara umum, peredaran telur ayam berwarna putih lebih banyak sehingga lebih mudah ditemukan karena pada dasarnya berternak dan mengembangbiakkan ayam berbulu putih jauh lebih murah.

Kandungan omega 3 

Dalam hal kandungan nilai nutrisi, telur ayam kulit coklat jadi pilihan yang lebih baik karena disebutkan punya kandungan Omega-3 yang lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam cangkang kulit warna putih.

 BACA JUGA:

Rasa 

Kedua telur ini hadir dengan cita rasa yang berbeda juga loh! Telur ayam cangkang kulit coklat dengan telur ayam cangkang kulit berwarna putih muncul dengan kualitas dan rasa yang berbeda, karena tergantung pada asupan diet makanan yang diberikan kepada masing-masing ayam.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini