Image

Sering Alami Deja Vu? Begini yang Sebetulnya Terjadi!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 07:31 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 11 481 1773311 sering alami deja vu begini yang sebetulnya terjadi eXJC0mWk4M.jpg Merasakan De Javu (Foto: Grunge)

ADUH, kok seperti pernah mengalami kejadian ini sebelumnya, ya?! Nah, pernyataan ini biasanya Anda ucapkan saat Anda mengalami Deja Vu. Sebetulnya kondisi tersebut itu bagaimana sih?

Secara sederhana, deja vu adalah Bahasa Prancis yang artinya sudah terlihat. Lebih lanjut, deja vu adalah sensasi di mana Anda pernah mengalami peristiwa yang baru terjadi sebelumnya.

BACA JUGA:

Perlu Anda ketahui, deja vu berkaitan dengan ingatan manusia. Menurut profesor psikologi dari Universitas Northwestern, Paul Reber, semua teori ingatan mengakui bahwa mengingat membutuhkan dua proses kerja sama yang berjalan beriringan, yaitu keakraban dan ingatan.

Proses keakraban dalam otak terjadi dengan cepat, biasanya sebelum otak bisa mengingat kembali sumber perasaan. Pada proses ini, perhatian bergantung pada bagian otak hippocampus dan korteks prefrontal. Sementara itu, keakraban bergantung pada daerah korteks temporal medial.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Cari Berita Lain Di Sini