AWAS, Menelan Permen Karet Bisa Sebabkan Gangguan Pencernaan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 11 September 2017 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 11 481 1773479 awas-menelan-permen-karet-bisa-sebabkan-gangguan-pencernaan-zU1CawOYFg.jpg Bahaya menelan permen karet (Foto:Youtube)

PERNAHKAH Anda menelan permen karet tanpa sengaja? Nah, sebagian besar dari kita menyangka kalau tak sengaja menelannya, bisa membuat permen karet menempel di usus. Benarkah demikian?

Ternyata jawabannya sisa permen karet yang tertelan tidak menempel di dinding usus. Tapi bila tak sengaja menelannya, ada sederet bahaya yang Anda alami.

Seperti yang kita tahu, permen karet mengandung pewarna, gula atau pemanis, wewangian, lemak, resin, lilin, elastomer, dan pengemulsi. Jika Anda mengunyah, tentu tujuannya untuk mendapatkan rasa manis, lalu kalau sudah hilang pasti Anda membuangnya.

 BACA JUGA:

Di Perjalanan Pulang dari RS, Henny Silalahi Hanya Bisa Memeluk Erat Bayi Debora yang Sudah Tak Bernyawa

Kasus Bayi Debora, Menkes: Keadaan Gawat Sudah Ada UU-nya, Tak Usah Hitung Dulu Biaya

Nah, ketika Anda mengunyah permen karet itu, asam di perut (hydro chloric acid) memisahkan bahan tertentu yang digunakan dalam permen karet. Umumnya gula, pelembut seperti gliserin dan zat penyedap seperti minyak peppermint akan dipisahkan.

Begitu sampai di usus, itu akan diolah lagi oleh sistem pencernaan. Tapi dibutuhkan waktu sekira 26-26 jam sisa permen karet dari usus.

 BACA JUGA:

Bayi Debora Meninggal, Biaya Ruang Perawatan PICU Terlalu Mahal? Ini Tanggapan Menkes

Kasus Siswi SMP Meninggal Usai Imunisasi Measles Rubella Masih Diinvestigasi

Bila Anda tak sengaja menelannya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, terutama jika mengalami gejala ringan yang membuat aktivitas Anda tidak nyaman. Anda bisa mengalami diare, muntah dan mual.

Beberapa orang mungkin juga mengalami ruam dan sensasi gatal. Karena bahan dalam permen karet bisa menyebabkan reaksi alergi tertentu.

Apalagi jika tubuh Anda gagal mengatasi reaksinya itu. Dampak gangguan pencernaan paling rentan Anda alami, tentu hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Demikian dilansir Boldsky, Senin (11/9/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini