Ini Aturan Pernikahan Keluarga Kerajaan Inggris yang Jarang Kamu Ketahui

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 12 September 2017 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 12 196 1774549 ini-aturan-pernikahan-keluarga-kerajaan-inggris-yang-jarang-kamu-ketahui-54W3Os29B0.jpg Aturan Pernikahan Keluarga Kerajaan (Foto: Popsugar)

Hubungan Pangeran Harry dengan aktris Suzy Meghan Markle mengalami kemajuan.Mereka baru saja melakukan perjalanan safari romantis ke Afrika. Liburan tersebut membuat banyak orang merindukan seremonial pernikahan ala kerajaan, ya royal wedding.

Namun agaknya, pernikahan pasangan tersebut belum tentu terjadi. Sebab, sang nenek, Ratu Elizabeth belum mengeluarkan izin resmi dari kerajaan yang manyatakan bahwa, Pangeran Harry telah mendapat lampu hijau untuk menikahi Meghan yang berstatus janda.

BACA JUGA:

Jika menoleh ke sejarah dan aturan kerajaan, Royal Marriages Act 1772, disebutkan bahwa raja memiliki hak veto pernikahan anggota keluarganya, dan diminta untuk memberikan persetujuan formal untuk setiap pernikahan anggota keluarga. Tujuannya untuk menjaga nama baik dan kehormatan kerajaan dari orang-orang dapat merusak citra kerajaan Inggris.

Fakta bahwa Meghan adalah seorang yang pernah cerai (dia menikah dengan Trevor Engelson pada 2011 sampai 2013), maka muncul spekulasi yang dapat menghalangi peluangnya menjadi anggota kerajaan. Padahal sebenarnya tidak.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Popsugar, Selasa (12/9/2017) peraturan pernikahan kerajaan di zaman modern bisa lebih longgar daripada tahun-tahun sebelumnya, namun ratu secara teknis pernah punya pengalaman menangani drama semacam itu.

Sementara aturan awal Royal Marriages Act memang memerlukan persetujuan dari Ratu Elizabeth perihal pernikahan anggota kerajaan. Berdasarkan perubahan dalam undang-undang 2013 sekarang hanya berlaku untuk enam orang yang paling dekat dengan takhta kerajaan saja. Yaitu Pangeran Charles, Pangeran William, Pangeran George, Putri Charlotte, Pangeran Harry, dan Pangeran Andrew. Mereka wajib mendapat izin ratu sebelum mengajukan menikah.

Jika menoleh ke peristiwa yang terjadi pada 2010, ketika nama Kate Middleton, Pangeran William langsung mendapatkan jempol dari Ratu Elizabeth. Menurut BBC News, ratu dengan mudah memberikan persetujuannya. Ratu Elizabeth menandatangani surat pemberitahuan tentang persetujuan yang terperinci untuk pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton kala itu.

"Untuk cucu kita tercinta dan terindah, Pangeran William Arthur Philip Louis dari Wales, K.G. dan Catherine Elizabeth Middleton akan terjadi penyatuan dua cinta,” tulis isi pemberitahuan tertanggal 9 Februari 2011.

Kabar terakhir dilaporkan bahwa Harry sangat ‘tergila-gila’ dengan Meghan. Meghan telah bertemu dengan ayah, saudara laki-laki, dan saudara ipar perempuan Pangeran Harry. Namun dia belum pernah bertemu dengan ratu Elizabeth.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini