Image

UNCOVER INDONESIA: Panorama Curug Munding, Kisah Kerbau Jatuh ke Dasar Air Terjun yang Melegenda

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 07:25 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 12 406 1774561 uncover indonesia panorama curug munding kisah kerbau jatuh ke dasar air terjun yang melegenda DYWf553g6z.jpg Foto: bantensiteblog

SIAPA sangka Banten memiliki banyak potensi alam? Letaknya yang berada di ujung Pulau Jawa ternyata justru membuat Provinsi Banten semakin istimewa. Pulau dan pantai banyak yang masih perawan serta belum  terjamah wisatawan.

Sebut saja Pantai Sawarna, pantai yang memiliki matahari terbenam super cantik ini berada di kawasan Provinsi Banten, dan merangkak mulai dikenal oleh masyarakat luas berkat kehadiran media sosial yang menyebarkan foto-foto keindahannya. Berenang, snorkeling, atau sekadar duduk santai di tepian pantai, sangat nyaman dilakukan di Pantai Sawarna.

Baca Juga:

Namun, Banten tidak sekadar Pantai Sawarna saja. Masih ada obyek wisata lainnya, walau pun sebagian banyak dari destinasi tersebut merupakan daerah pesisir, tapi air terjun juga termasuk di dalamnya.

Beberapa air terjun, seperti Air Terjun Kebo, Air Terjun Dengdeng, Air Terjun Kanteh, dan Air Terjun Munding juga ada di tanah Banten. Air Terjun Munding berasal dari kata Munding yang berarti kerbau dalam bahasa daerah setempat. Maka, Air Terjun Munding berarti Air Terjun Kerbau.

Foto: explorebanten

Dinamakan Air Terjun Kerbau karena pada zaman dulu, ada seekor kerbau yang berjalan di sekitar air terjun, tapi kemudian terjatuh hingga ke dasar air terjun. Oleh sebab itulah air terjun dinamakan Air Terjun Munding alias air terjun kerbau hingga saat ini.

Letak air terjun yang berada di pelosok Kecamatan Gunung Kencana membuat lingkungan alam sekitar air terjun masih sangat alami. Udaranya masih sangat bersih dan segar. Kurang terkenalnya Air Terjun Munding membuat masih sangat sedikit para wisatawan yang tahu dan datang ke air terjun.

Para wisatawan yang sudah mengetahui air terjun, biasanya akan menyempatkan diri untuk datang berlibur menikmati akhir pekan yang pasti akan terasa singkat karena indahnya air terjun yang berbeda dari air terjun lainnya. Suara deburan air terjun yang terhempas ke bawah, membuat dada terasa bergetar sekaligus tenang.

Hembusan angin yang lembut mengalun membuat kenyamanan terasa begitu teduh dan dapat dijamin para wisatawan akan lupa untuk pulang. Bagi wisatawan yang mendambakan kesunyian dan ketenangan, Air Terjun Munding bisa jadi destinasi yang dapat mewujudkan impian tersebut.

Baca Juga:

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini