Kram Karena Menstruasi? Atasi dengan 5 Minyak Esensial, Ingat Oles di Bagian Tengah Perut

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 12 September 2017 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 12 481 1774170 kram-karena-menstruasi-atasi-dengan-5-minyak-esensial-ingat-oles-di-bagian-tengah-perut-lJzduRr2ys.jpg Kram karena menstruasi olesi dengan minyak esensial (Foto:Ist)

 

MENJADI masalah banyak perempuan yang sudah mengalami menstruasi adalah kram perut. Masalah ini bahkan bisa jadi awal dari masalah besar dari aktivitas Anda. Mood rusak, energi loyo, dan tentunya membuat tubuh menjadi tidak bergairah. Kalau sudah begitu, bisa apa?

Mengonsumsi minuman pereda nyeri haid rasanya kurang enak. Maksudnya, Anda tidak bisa selalu mengandalkan minuman sehat itu untuk meredakan nyeri di perut. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mengolesi minyak esens di tubuh Anda.

Tapi, tidak bisa sembarang mengoles minyak di tubuh. Yang perlu Anda perhatikan yang pertama adalah titik pengolesan. Sangat disarankan untuk mengolesinya di bagian tengah perut atau di sisi kanan atau kiri perut. Titik lainnya yang bisa dijajal adalah bagian leher dan kening. Setidaknya rasa mual dan pusing di kepala pun bisa teratasi sehingga tidak memperburuk keadaan.

BACA JUGA:

Bersikap Antisosial, Tanda Gejala Alzheimer yang Tak Pernah Disadari Lansia

Saat Sembelit Hindari Gorengan, Pasta, hingga Produk Susu Olahan yang Memperburuk Pencernaan

Selain itu, mengetahui jenis minyak esensial yang tepat untuk mengurangi kram menstruasi pun dirasa penting. Sebab, setiap aroma itu memiliki fungsi yang berbeda. Manfaat yang dirasakan pun tentunya tidak sama antara minyak aroma melati dengan minyak aroma jeruk misalnya.

Nah, dilansir dari Reader’s Digest, ada 5 minyak esensial yang dianggap tepat untuk mengurangi kram perut akibat menstruasi. Berikut penjelasannya:

1. Lavender

Dikatakan Jennifer Stagg, MD, seorang dokter naturopati, minyak lavender yang digunakan sebagai inhalasi telah terbukti efektif mengurangi kejang dan perdarahan saat menstruasi. Lavender diperkirakan memengaruhi prostaglandin yang memediasi nyeri dan kontraksi rahim. Kemampuan minyak lavender untuk mengurangi kontraksi ini menjadikannya salah satu minyak esensial terbaik untuk kram menstruasi.

2. Kayu Manis

Dijelaskan Dr. Stagg, minyak aroma kayu manis telah dipelajari sebagai pengobatan kram menstruasi yang cukup efektif. Aroma ini dipercaya mampu mengurangi kontraski rahim. dan ternyata sangat efektif dalam mengurangi kontraksi rahim.

 

3. Spacy Blend

Percampuran antara minyak esensial lavender, cengkeh, kayu manis, dan rose dipercaya sebagai minyak topikal yang dapat digunakan sebagai pereda nyeri menstruasi bahkan sebelum menstruasi terjadi . Minyak tersebut dapat dioleskan ke perut selama tujuh hari sebelum menstruasi dan ternyata dapat mengurangi tingkat sakit dan durasi kram. Dr. Stagg menyarankan minyak esensial ini untuk kram karena mereka dapat menyeimbangkan kadar prostaglandin untuk mengurangi rasa sakit. Coba gunakan campuran ini sebagai tambahan beberapa cara penghilang rasa sakit lainnya.

 BACA JUGA:

Mandi saat Malam Hari Tak Selamanya Buruk, Nih Simak 5 Manfaatnya!

Guys, Ingat Ya Uji Keperawanan Ternyata Bentuk Diskriminasi Paling Purba

 

4. Clary Sage

Ini adalah salah satu minyak esensial yang paling populer untuk kram menstruasi, karena mudah ditemukan dan dipercaya secara luas sebagai agen antispasmodik. Kandungan yang dimiliki minyak ini dipercaya mampu mengurangi kram rahim yang mungkin Anda alami.

 

5. Roman Chamomile

Arkeolog mengatakan bahwa aromaterapi dapat digunakan untuk mengatur rasa sakit. Praktiknya banyak ditemukan pada orang Mesir kuno. Nah, salah satu minyak yang biasa dipakai adalah minyak aroma chamomile. Ryan Neinstein, MD, dari NYC Surgical Associates menambahkan, jika Anda mengalami masalah nyeri kram, Anda bisa meneteskan beberapa minyak tersebut ke cairan rendaman kaki.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini