nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Jenis Makanan Ini Bisa Kurangi Bau Tak Sedap Sehabis Buang Gas

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 12 September 2017 14:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 12 481 1774246 6-jenis-makanan-ini-bisa-kurangi-bau-tak-sedap-sehabis-buang-gas-d0pZCJUINQ.jpg

BUANG gas atau kentut pasti pernah dialami oleh setiap manusia. Angin atau gas yang keluar dari dalam tubuh ini merupakan fenomena yang biasa terjadi. Namun, bila salah satu dari teman atau kerabat Anda tidak sengaja membuang gas, pasti akan terkesan memalukan. Padahal, faktanya bila seorang menahan kentut atau gas yang keluar maka tubuhnya akan bermasalah.

BACA JUGA:

Permasalahan tersebut berupa kram perut yang diakibatkan oleh gas yang menumpuk berlebihan pada satu bagian usus. Perut akan terasa sakit seperti diremas-remas. Selain itu, wasir juga menjadi penyakit lainnya yang disebabkan jika menahan kentut. Hal tersebut bisa terjadi karena ketika menahan kentut organ dubur melakukan gerakan yang berlebihan, berakibat pada otot dubur menjadi tegang dan akhirnya melebarkan pembuluh darah.

Akan tetapi, aroma dari gas yang keluar dari dalam tubuh itu, terkadang tidak sedap dihirup. Bisa dibilang aroma bau yang tidak sedap tersebut busuk. Walau menahan kentut tidak baik bagi kesehatan tubuh, tapi aromanya yang tidak sedap bisa membuat orang lain tidak nyaman.

Nah, agar dapat tetap menjaga kesehatan dengan tidak menahan kentut, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah gas dari dalam tubuh beraroma tidak sedap. Berikut langkah-langkahnya yang dilansir dari Mirror, Selasa (12/9/2017).

Mengubah Pola Makan

Untuk mendapatkan aroma kentut agar setidaknya tidak terhirup aroma tidak sedap, para ilmuwan berpendapat aroma kentut dapat disebabkan oleh asupan yang dimakan oleh manusia. Nutrisi yang terdapat dalam asupan tersebut berkontribusi terhadap bau busuk kentut. Makanan seperti daging, susu dan jenis protein lainnya lah yang menyebabkan bau tidak sedap itu.

Bersama dengan timnya, Chu Yao dari Monash University, Melbourne, Australia, menemukan makanan bertepung dapat bertindak sebagai penghambat gas hydrogen sulfide hingga 75 persen. Gas tersebut merupakan penyebab utama kentut berbau tidak sedap, dan menjadi tujuh kali lipat jumlahnya ketika seseorang mengonsumsi daging, susu, dan protein.

BACA JUGA:

Untuk itu, baiknya konsumsi makanan ini agar terhindar dari aroma kentut dengan bau yang tak sedap.

1.       Kentang

2.       Pisang

3.       Kacang Polong

4.       Sereal

5.       Asparagus

6.       Fructans, yang banyak ditemukan dalam gandum

Penemuan ini telah dipresentasikan pada konferensi Gastroenterological Society of Australia di Adelaide.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini