Image

Cantiknya Batik Khas Majapahit, Bermotif Surya, Gapura dan Buah Maja

Zen Arivin, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 13:49 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 09 13 194 1774980 cantiknya batik khas majapahit bermotif surya gapura dan buah maja oUFwbPzsOC.jpg

MOJOKERTO - Membahas soal batik dan kain tenun sebenarnya sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Itu dibuktikan dengan sederet penemuan prasasti ataupun benda situs bersejarah peninggalan kerajaan terbesar yang pernah menyatukan Nusantara ini.

Di antaranya, alat tenun dan alat pemintal benang yang kini tersimpan di Museum Majapahit di Desa/Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Tak hanya itu, sejak dalam prasasti Madawapura sebelum abad ke 16, juga disebutkan tentang kesibukan masyarakat di zaman itu telah memproduksi kain (abhasan) serta pebuatan pewarna kain (amaranggi).

Tak heran jika, saat ini produksi batik di Mojokerto yang notabene merupakan bekas Ibu Kota Kerajaan Majapahit masih berjalan. Bahkan cenderung mengalami peningkatan. Seperti yang dilakukan puluhan warga di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini.

(Baca Juga: Menelusuri Sejarah Kerajaan Majapahit di Surabaya)

Jemari para kaum perempuan di desa ini tampak sudah begitu lihai menari di atas kain putih itu. Canting berisikan malam (lilin) mendidih, digoreskan ke pola yang sebelumnya sudah terlebih dahulu digambar menggunakan pensil. Canda, tawa di antara mereka, menjadi saksi bagaimana mereka melestarikan budaya warisan nenek moyang ini.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini