Nyala Lilin Lebih Lama, Yuk Bikin Wadahnya dari Kaleng Bekas

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 14 September 2017 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 13 196 1775064 nyala-lilin-lebih-lama-yuk-bikin-wadahnya-dari-kaleng-bekas-ULpRyha7Zj.jpg Wadah Lilin (Foto: Oddstuffmagazine)

PEMADAMAN listrik oleh instansi penyedia listrik dapat menimbulkan berbagai tanggapan masyarakat. Tanggapan tersebut seringkali berupa amarah, karena kegiatan yang seharusnya berjalan dengan lancar, harus terhenti seketika karena tidak ada pasokan aliran listrik.

Cahaya dari lampu yang mati karena tidak dialiri listrik membuat ruangan gelap dan kegiatan yang dilakukan di dalam ruangan pun menjadi sulit untuk dilanjutkan. Akhirnya, kita membutuhkan alat tambahan sebagai sumber cahaya lain pengganti lampu.

Baca Juga: Siapkan Cuka dan Soda, Yuk Bikin Balon Gas untuk Kejutan Ultah Teman!

Baca Juga: AJAIB, Piring Kertas Biasa Bisa Jadi Lampu Hias Cantik

Lilin seringkali dipilih oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang tidak memiliki lampu darurat atau genset. Namun, penggunaan lilin juga sering memunculkan amarah karena cahayanya mati tertiup angin. Nah, untuk itu agar cahaya lilin tetap terjaga dan tidak mudah padam, berikut tips untuk menjaga cahaya lilin tetap menyala, dilansir dari Odd Stuff Magazine, Kamis (14/9/2017).

Baca Juga: Taman Belakang Rumah Remang-Remang, Ini Saran Pakar Dekorasi Supaya Lebih Terang

Baca Juga: Rak Buku Makin Sumpek, Yuk Moms Bikin Rak Buku Terbalik yang Unik!

Bahan-bahan:

Kaleng soda

Pisau

Lilin

Korek Api

Cara Membuat:

1. Cuci terlebih dahulu kaleng soda yang bekas dipakai. Keringkan kaleng setelah dicuci hingga tidak ada lagi air atau sabun yang tersisa di dalamnya. Sebab, air nantinya dikhawatirkan justru jadi faktor cahaya lilin padam.

2. Setelah dipastikan kering, langkah selanjutnya potong secara vertikal kaleng soda dengan menggunakan pisau. Goreskan pisau di tengah-tangah kaleng dari atas hingga ke bawah dan menyisakan sekira 3 sentimeter dari permukaan bawah.

3. Selanjutnya, potong secara horizontal dibagian bawah hingga melewati goresan yang telah dilakukan di tengah. Ulangi pada sisi atas.

4. Kemudian, buka goresan yang ada di tengah seperti membuka jendela.

5. Ambil lilin, lalu nyalakan.

6. Taruh dalam kaleng soda yang sudah dibuka bagian badannya. Maka, cahaya lilin yang sudah di tempatkan dalam kaleng dijamin tidak akan mudah padam.

Selamat Mencoba!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini