Image

Laudya Cynthia Bella Unggah Foto Pernikahan Ijab Kabul, Ternyata Ini Artinya

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 16:23 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 13 196 1775135 laudya cynthia bella unggah foto pernikahan ijab kabul ternyata ini artinya EbDh0bCOVv.JPG Pernikahan Bella (Foto: Instagram)

PERNIKAHAN Laudya Cynthia Bella menjadi perbincangan hangat di jagad hiburan pekan ini. Hal itu wajar saja, sebab perjalanan asmara wanita yang dipersunting Engku Emran, pria asal Malaysia pada 8 September 2017 memang berliku.

Menikah sudah menjadi impian Bella sejak lama. Setelah berkali-kali gagal ke pelaminan sejak berpacaran dengan Raffi Ahmad, Revaldo, Panji Triatmojo, Ananda Mikola, Chiko Jeriko, dan yang terakhir Afif Kalla, bahkan sudah melaksanakan lamaran, akhirnya wanita kelahiran 24 Februari 1988 ini bertemu jodohnya.

Baca Juga: Benarkah Anak Kecil Meninggal Akan Langsung Masuk Surga? Ini Haditsnya

Bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia, pernikahan Bella dilaksanakan secara tertutup. Bahkan tak ada satu pun media yang meliput. Pengumuman resmi rencana pernikahan juga tak ada hingga momen itu terjadi.

Namun apalah artinya mempublikasi pernikahan jika inti sari dari menikah adalah ijab kabul. Proses sakral yang tampaknya mudah tapi butuh perjuangan untuk mewujudkannya. Prosesi ijab kabul menjadi pertanda sah pernikahan Bella dengan Engku Emran, ia pun mengunggah foto peristiwa itu.

Di akun Instagram Bella, terlihat foto di mana ayahnya bersalaman dengan calon suaminya kala itu, untuk menyerahkan sang putri untuk dijadikan istri. Sepenggal kalimat “Saya terima nikahnya (nama anak binti ayah) dengan maskawin (….) dibayar tunai,” memiliki arti dalam menurut Islam.

Baca Juga: Hati Bergetar Mendengar Adzan setelah 500 Tahun Tak Berkumandang di Istana Alhambra

Sebab setelah menikah suami wajib membimbing istri dan keluarganya agar taat terhadap perintah Allah SWT. Dari ‘Aisyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sebaik-baik kalian adalah yan berbuat baik kepada keluarganya. Sedangkan aku adalah orang yang paling berbuat baik pada keluargaku” (HR. Tirmidzi no. 3895, Ibnu Majah no. 1977, Ad Darimi 2: 212, Ibnu Hibban 9: 484. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca Juga: Mengungkap Kaidah Pengajian Empat Bulan bagi Ibu Hamil

Ibnu Katsir rahimahullah berkata mengenai surat An Nisa ayat 19, “Dan bergaullah dengan mereka (istr-istri) dengan baik.” Yang artinya, “Berkatalah yang baik kepada istri kalian, perbaguslah amalan dan tingkah laku kalian kepada istri. Berbuat baiklah sebagai engkau suka jika istri kalian bertingkah laku demikian.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 3: 400).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini