Image

Dunia Anak Harus Diisi Kegiatan Positif, Ini Haditsnya

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 04:30 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 09 13 196 1775280 dunia anak harus diisi kegiatan positif ini haditsnya dnbr4lDeUz.jpg Ilustrasi (Foto: Productivemuslim)

GAYA hidup bukan cuma milik orang dewasa. Tetapi anak-anak juga memiliki gaya berkehidupan yang sesuai dengan dunia mereka. Belakangan masalah penggunaan gadget menjadi isu penting terhadap anak. Sebab, akibat bermain video game anak jadi kurang berkegiatan.

Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang untuk berbuat baik.” (HR Bukhari, no. 5933).

Baca Juga: Benarkah Anak Kecil Meninggal Akan Langsung Masuk Surga? Ini Haditsnya

Baca Juga: Mengungkap Kaidah Pengajian Empat Bulan bagi Ibu Hamil

Berdasarkan hadits di atas, manusia diperintahkan untuk berbuat baik. Untuk itu anak-anak disarankan tidak hanya mengisi waktu luang mereka dengan bermain game. Anak-anak harus mengisi waktu untuk berkegiatan positif, melakukan kebaikan. Berikut ini kegiatan postif yang bisa dilakukan anak sesuai dunianya seperti dilansir Produktivemuslim, Kamis (14/9/2017).

Bermain

Masa kecil adalah tentang bermain dengan mainan tersedia dari segala jenis. Jadilah kreatif dengan mainan yang dibeli untuk anak-anak. Lompat tali dan bola hanyalah beberapa contoh sederhana. Ini dapat dimainkan sendiri atau berkelompok. Permainan tersebut dapat membuat mereka berkeliaran dan aktif bergerak. 

Batasi waktu elektronik

Di zaman modern, kebanyakan anak telah pindah dari permainan papan tradisional dan bermain di luar ruangan dan bermain game komputer, laptop, dan smartphone. Meskipun ada banyak manfaat dari perangkat elektronik ini, namun berpotensi merusak perkembangan sosial anak dan juga penglihatan fisik anak. Membatasi waktu yang dihabiskan untuk barang-barang ini adalah kunci. Ini bukan berarti Anda harus menghentikan mereka bermain game sepenuhnya, namun mendorong keseimbangan antara permainan aktif dan nonaktif sangat penting.

Baca Juga: Menikah karena Diguna-guna, Lanjut atau Cerai?

Baca Juga: Istri Menuntut Suami Kehidupan Mewah, Allah SWT Tegur di Surat Al-Baqarah

Temukan aktivitas yang menyenangkan

Ada banyak kelompok dan fasilitas yang menawarkan berbagai olahraga dan aktivitas. Temukan sesuatu yang disukai atau diminati anak adalah cara bagus untuk mengaktifkan aktivitas fisik. Banyak dari permaianan yang bisa dilakukan bersama keluarga dan sendiri. Seperti berkuda, panahan, berenang, panjat tebing, dan masih banyak lagi.

Buatlah waktu makan yang menyenangkan

Berusaha membujuk anak untuk makan sayur dan buah agar sehat. Bawa anak-anak terlibat dalam pembuatan makanan. Insya Allah, ini akan mempromosikan keterampilan memasak makanan bergizi mereka sendiri. Anak pun punya kegiatan positif di rumah.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini