Image

FOOD STORY: Kenali Hidangan Nikmat dan Unik, Bakmi Ketoprak Khas Solo

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 16:02 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 13 298 1775114 food story kenali hidangan nikmat dan unik bakmi ketoprak khas solo xRzTooJV9o.jpg Bakmi Ketoprak Khas Solo (Foto: Google)

JIKA pernah menyambangi kota Solo pasti pernah melihat atau bahkan mencicipi nikmatnya bakmi ketoprak. Tapi yang baru berkesempatan, mendengar mananya saja pasti agak membuat bingung membayangkan seporsi bakmi ketoprak ini.

Hidangan ini sangat populer di Solo. Meskipun mengandung nama ketoprak, namun hidangan ini jauh berbeda dengan ketoprak ala Jakarta. Dikutip dari buku 80 Warisan Kuliner Nusantara yang disusun oleh Semijati Purwadaria, hidangan khas Solo ini kerap disebut dengan Mi Toprak.

Baca Juga: Setelah Bantu Korban Badai Harvey, Beyonce Mampir ke Restoran Cepat Saji Ini

Meski tidak jelas asal usul hidangan ini, tapi masyarakat Solo sudah sangat familiar dengan hidangan ini. Salah satu versi menyebutkan hidangan ini kerap dijual secara berkeliling dengan kentongan yang disebut keprak. Konon suaranya mirip seperti salah satu alat gamelan yang mengiringi pementasan ketoprak, sejenis acara pentas seni tradisional khas Jawa Tengah.

Di samping itu, isian hidangan ini juga menggambarkan suasana pementasan ketoprak yang ramai dan meriah. Ya, bakmi ketoprak memiliki isian yang sangat banyak dan beragam.

Beberapa isiannya antara lain mi bihun, irisan kol, tahu goreng, tempe goreng, telur, sosis solo hingga taburan kacang tanah goreng. Semua bahan isian ini kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan segar. Rasanya semakin matap karena hidangan ini disajikan juga dengan potongan daging, tetelan hingga cingur sapi.

Baca Juga: Pegawai Resto Cepat Saji Bocorkan Rahasia kalau Porsi Kentang Goreng Selalu Dikurangi dari Takaran yang Seharusnya!

Bagi orang Jawa, menyantap bakmi ketoprak akan kurang lengkap jika tidak disandingkan dengan kerupuk. Biasanya kerupuk yang jadi pelengkap adalah kerupuk karak yakni kerupuk yang dibuat menggunakan nasi yang dihaluskan dan dikeringkan. Ini adalah kerupuk khas Solo juga.

Rasa bakmi ketoprak sangat “warna-warni” karena dari isian yang komplit disajikan dengan kuah kaldu gurih dan juga pelengkap yang renyah dan kriuk-kriuk. Bagi penyuka rasa pedas, bakmi ketoprak bisa ditambahkan sambal dan kucuran kecap manis. Dijamin rasanya semakin cocok di lidah.

Baca Juga: Antimainstream, Pengantin Wanita Ini Lebih Pilih Buket Berisi Donat Ketimbang Bunga

Sampai saat ini, bakmi ketoprak memang sangat populer di Solo sementara di daerah lain belum banyak tersedia. Tapi di Solo penjualnya juga beragam mulai dari pedagang gerobakan hingga warung makan tradisional yang lebih nyaman.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini