Image

Gandeng Magelang Jadi Sister City, Nepal akan Kembangkan Wisata Religi Umat Budha di Indonesia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 17:40 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 09 13 406 1775208 gandeng magelang jadi sister city nepal akan kembangkan wisata religi umat budha di indonesia 2qzLLP6igr.jpg Candi Borobudur (Foto: Airpano)

KONSUL Kehormatan Nepal untuk Indonesia, Bally Saputra Datuk Janosati mengumumkan pembukaan proyek sister city antara Magelang di Indonesia dengan Kota Lumbini di Nepal. Kedua kota tersebut dipilih untuk proyek sister city karena memiliki arti penting bagi umat Budha di seluruh dunia.

Kota Magelang yang terletak Jawa Tengah merupakan lokasi berdirinya candi Budha terbesar di dunia, Candi Borobudur. Sementara Kota Lumbini yang telah dijadikan situs warisan budaya UNESCO pada 1997 diyakini sebagai kota kelahiran Budha atau Siddhartha Gautama.

BACA JUGA:

Pembukaan proyek tersebut diharapkan dapat mendorong kunjungan wisatawan ke Magelang dan Lumbini, terutama lawatan dari umat Budha sedunia.

“Kita berharap dengan dibukanya sister city ini, minimal 5 juta umat Budha sedunia akan berkunjung ke Lumbini dan Nepal, seperti wisata religi umat Islam di Makkah dan Madinah,” jelas Bally dalam pidatonya di Gedung Menara Hijau, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Untuk mendukung tujuan tersebut, Pemerintah Nepal dan Indonesia berencana untuk membuka rute penerbangan langsung dari Ibu Kota Nepal, Kathmandu ke Jakarta dan dari Kathmandu ke Yogyakarta dengan maskapai Himalaya Air. Pembukaan rute tersebut diperkirakan dapat terwujud pada tahun depan.

BACA JUGA:

“Nepal dan Indonesia memiliki keterikatan yang erat di bidang keagamaan, karena Budha lahir di Nepal, sedang di Indonesia berdiri candi Budha terbesar dan termegah, Candi Borobudur. Untuk itu kami mendorong terwujudnya sister city antara Lumbini dengan Yogyakarta,” papar Bally.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini