Image

Ajaib! Bocah 10 Tahun Main Game Candy Crush saat Jalani Operasi Tumor Otak

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 14:03 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 09 13 481 1774989 ajaib bocah 10 tahun main game candy crush saat jalani operasi tumor otak mf49iMU7Ed.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

RUANG operasi sering identik dengan sesuatu yang menegangkan. Tapi, sebuah peristiwa di India seperti menghapuskan anggapan tersebut. Seorang gadis berusia 10 tahun bermain game Candy Crush di ponsel ketika menjalani operasi tumor otak.

Sesuai laporan yang diterbitkan di Times of India, seorang siswa kelas V dibawa ke Rumah Sakit SIMS nyeri di kepala yang tiba-tiba. Tim dokter lalu melakukan pemindaian atau scan otak pada gadis yang juga seorang penari Bharatanatyam tersebut.

Setelah scan, terungkap bahwa dia memiliki tumor di area otak yang penting. Area otak tersebut berperan mengendalikan pergerakan separuh bagian kiri tubuh, termasuk wajah, tangan dan tungkai.

BACA JUGA:

Terungkap! Ini Jenis Makanan yang Tidak Akan Pernah Disentuh oleh Gordon Ramsay

Menyantap Daging Ayam Mentah Jadi Tren, Pemerintah Jepang Beri Peringatan Keras Kepada Warganya

Saat menjalani operasi, dia bermain game Candy Crush favoritnya di ponsel. Meski menimbulkan keraguan, paman Nandini memberi keyakinan pada dokter bahwa mereka berada di jalur yang benar.

Orangtuanya awalnya ragu, tapi paman Nandini yang merupakan seorang dokter berhasil meyakinkan mereka. Kemudian, para dokter memutuskan untuk melakukan operasi dengan menjaga pasien tetap terjaga dan waspada.

"Saya berada di ruang operasi saat tumor diangkat, Nandini sedang bermain Candy Crush di ponsel saya. Dia menggerakkan tangan dan kakinya saat kami memintanya untuk melakukannya. Dokter bedah harus memastikan bahwa titik yang dia operasikan tidak memengaruhi mobilitasnya. Dia berani," ungkap paman Nandini yang dikutip oleh Zeenews, Selasa (13/9/2017).

BACA JUGA:

Masuk Musim Gugur di Jepang, Jangan Lewatkan Sensasi Bir Rasa Kesemek dan Matcha

Pensiun, Usain Bolt Buka 15 Restoran Bertema Jamaika di Seluruh Penjuru Inggris

Keluarga tersebut mengatakan kepada dokter bahwa mereka khawatir dengan stres pasca-operasi. Namun, dokter mengatakan bahwa penelitian dari literatur medis menunjukkan bahwa operasi tersebut aman pada anak-anak.

"Ini jarang terjadi pada anak-anak. Tapi, kami memang punya cukup bukti," tuturnya.

Pasien Operasi Otak Sambil Main Gitar

Sebelumnya, dunia juga sempat dihebohkan dengan seorang pria asal India ini justru sibuk memetik gitar sembari dokter melakukan operasi di bagian kepalanya.Pria berusia 37 tahun bernama Abhisek Prasad itu menderita kelainan neurologis yang menyebabkan ia sulit menggerakan jari-jarinya.

Melansir Straitimes, Prasad sebelumnya telah berupaya mencari alternatif pengobatan untuk menyembuhkan penyakit langkanya tersebut sebelum akhirnya mendapat rekomendasi untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhagwan Mahaveer Jain di Bangalore.

(Foto: AFP)

Aksi memainkan gitar sembari dioperasi yang dilakukan Prasad diketahui merupakan bagian dari upaya terapi penyembuhan yang disebut dengan "distonia musisi". Teknik ini dimaksudkan untuk membalikkan kondisi. Prasad menjalani operasi dalam keadaan sadar dan hanya mendapatkan bius lokal. Ahli bedah mengebor tengkorak Prasad dan memasang sebuah elektroda.

"Selama operasi ini, Abhishek benar-benar terjaga dan bermain gitar, karena masalah bisa terdeteksi saat bermain. Umpan balik ini sangat penting bagi para dokter untuk bisa mendapatkan lokasi atau target yang tepat untuk selanjutnya ditindaklanjuti," ujar Dokter Sharan Srinivasan yang mengoperasi Prasad.

Prasad sendiri menggambarkan pengalaman uniknya itu dengan kata "ajaib" di mana ia berhasil tetap terjaga dalam operasi yang berlangsung selama tujuh jam tersebut.

"Saya kagum melihat jari-jari saya membaik secara ajaib di meja operasi itu sendiri. Pada akhir operasi, jari-jari saya 100% sembuh dan saya bisa menggerakannya seperti sebelumnya," terang Prasad.

Sebagai ucapan terimakasih pada dokter yang telah membantu menyembuhkan penyakitnya, Prasad mempersembahkan beberapa lagu yang diiringi gitar yang ia mainkan sendiri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini