Image

Musim Pancaroba Tiba, Infeksi Hidung, Tenggorokan dan Pita Suara Harus Diwaspadai!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 17:03 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 13 481 1775182 musim pancaroba tiba infeksi hidung tenggorokan dan pita suara harus diwaspadai zABVgapXZo.jpg Penyakit flu (Foto: Fivestaruc)

MUSIM pancaroba telah tiba! Saatnya Anda mewaspadai beberapa penyakit yang sering muncul saat musim kemarau, seperti infeksi saluran pernapasan.

Ada banyak penyakit infeksi yang terjadi ketika musim pancaroba. Mulai dari saluran napas, hidung, laring, hingga tenggorokan.

 BACA JUGA:

"Paling sering saat ini (musim pancaroba) yang harus diwaspadai yaitu infeksi hidung, tenggorokan dan pita suara," kata Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher Konsultan Laringofaringologi dr Zainal Adhim SpTHT-KL(K), PhD saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Dokter yang praktik di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta menjelaskan, saat memasuki musim kemarau, wilayah Indonesia bersuhu sekira 35 derajat Celsius. Cuaca panasnya membuat sistem kekebalan tubuh kita menurun.

Karena itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai penyakit yang kerap terjadi saat pancaroba. Penyakit ini cukup riskan dan mengganggu aktivitas Anda.

"Penyakit infeksi memegang peranan penting, karena di sini suhu panasnya bisa sampai 35 derajat Celcius. Dampaknya kuman gampang berkembang biak," terangnya.

Dengan adanya perubahan cuaca tersebut, kemungkinan besar seseorang juga dapat menderita ISPA. Belum lagi terjadi radang faring, laring dan hidung

Tapi ancaman penyakit tersebut dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat. Setiap orang harus mempertahankan imunitasnya supaya tidak mudah jatuh sakit.

Paling penting, Anda harus istirahat cukup. Karena cara ini sangat penting untuk meningkatkan imunitas.

"Kuncinya, istirahat cukup karena berkaitan dengan imunitas. Tubuh bisa melwan penyakit kalau imunitasnya kuat. Virus dan bakteri akan dilawan," saran dr Zainal.

Tak cuma itu, Anda juga harus mengatur pola makan supaya tidak mudah mengiritasi tenggorokan. Seperti contoh, gorengan, minuman dingin, hingga makanan dengan bumbu MSG. Karenanya, pola makan harus dijaga dengan seimbang supaya tak menurunkan imunitas.

"Cara ketiga juga harus tidur cukup. Kalau ada kerjaan yang dirasa berat, tidur jadi kurang. Kebiasaan ini tidak boleh dilakukan," tuturnya.

 BACA JUGA:

Cuaca Ekstrem, Penyakit-Penyakit Ini Siap Mengancam

Tetap Sehat saat Cuaca Ekstrem, Penting Cuci Tangan!

Pada dasarnya, tambah dr Zainal, hampir semua penyakit seperti flu bisa smbuh sendiri. Apabila kondisi tubuh tetap fit untuk melawan penyakit berbahaya di musim pancaroba.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini