Image

Agar Kasus Debora Tak Terulang, Kak Seto: "Semua Orangtua Wajib Perhatikan Kesehatan Anak Indonesia di Atas Segalanya"

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 19:35 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 09 13 481 1775317 agar kasus debora tak terulang kak seto semua orangtua wajib perhatikan kesehatan anak indonesia di atas segalanya qYBl7CE2RN.jpg Kesehatan anak (Foto: Childrenshome)

BERKACA dari kasus kematian bayi Debora, orangtua diminta selalu memperhatikan kondisi kesehatan anak di atas segalanya. Bila anak diketahui mengidap penyakit berat, jangan abaikan dan segera konsultasi dengan dokter.

Ketua Komisi Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Seto Mulyadi mengatakan, bila anaknya menderita penyakit berat atau yang sifatnya emergency, harus memberikan perhatian lebih pada kesehatan anak. Jangan terlantarkan anak dengan penyakit berat, dengan membiarkan tidak konsultasi dokter.

BACA JUGA:

Apalagi kalau bicara masalah biaya pengobatan. Paling penting pikirkan kesehatan anak-anak lebih dulu di atas segalanya.

"Orangtua harus bertanggung jawab. Jangan sampai terlambat membawa anak ke rumah sakit, apalagi keadaan darurat harus mengedepankan koordinasi," terangnya lewat informasi yang diterima Okezone, Rabu (13/9/2017).

Tak hanya itu, perbincangan ancaman sanksi yang diberikan kepada RS Mitra Keluarga terkait menjadi kontroversi. Hal tersebut dikatakan dapat merugikan masyarakat, terutama bila ingin mendapatkan pelayanan medis.

Pemerintah harus mempertimbangkan dampak sanksi berat yang diberikan kepada rumah sakit. Bagaimanapun, masyarakat akan membutuhkan tindakan pelayanan dokter yang seharusnya tidak mengulang kejadian sama.

"Kalau sampai ada pelanggaran berat, semua itu harus dipertimbangkan bagi pasien lain, dan tentu semua kebijakan sesuai Kemenkes dan perundang-undangan yang berlaku," ujar pria yang akrab disapa Kak Seto itu.

BACA JUGA:

Rumah sakit, tambahnya, boleh tetap melayani masyarakat, namun harus tetap instrospeksi diri. Tingkatkan pelayanan kepada pasien sebaik mungkin dan mengedepankan kepuasan pasien.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini