Image

Turunkan Kadar Kolesterol yang Picu Penyakit Jantung, Saatnya Kurangi Duduk 20 Menit Sehari

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 19:39 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 13 481 1775323 turunkan kadar kolesterol yang picu penyakit jantung saatnya kurangi duduk 20 menit sehari nCauI58V64.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

TIDAK sulit untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, salah satunya menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Cara ampuh yang bisa dilakukan dengan mengurangi duduk selama 20 menit sehari.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa mengurangi waktu duduk selama 20 menit bisa memberikan pengaruh pada kesehatan. Hal ini diungkapkan oleh ilmuwan Finlandia yang mengungkapkan hasil penelitian tentang dampak kebiasaan duduk terhadap metabolisme dan massa otot tubuh.

Dilansir dari Dailymail, penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 133 pekerja kantor yang memiliki anak kecil. Responden diberi konseling terkait bagaimana cara mengurangi waktu yang dihabiskan untuk duduk dan meningkatkan aktivitas selama waktu bekerja dan waktu senggang mereka.

Tingkat aktivitas pun dinilai melalui perangkat yang dipasang di pinggang selama tujuh hari dalam seminggu selama masa penelitian. Selanjutnya responden diminta mengurangi waktu duduk di kantor dan aktif di waktu senggang, ketika saat menemani anak beraktivitas. Hasilnya menunjukkan ketika responden mengurangi kesibukan di kursi kerja selama 21 menit, terjadi perubahan pada kesehatan mereka.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal PLOS One ini memperlihatkan, mengurangi waktu duduk 21 menit sehari bisa menurunkan kadar gula darah serta kadar kolesterol, yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Tak hanya itu, mengurangi waktu duduk 20 menit untuk berjalan kaki juga memberikan manfaat membuat massa otot kaki lebih padat.

Penulis utama penelitian ini, Dr Arto Pesola dari Universitas Jyvaskyla di Finlandia, menjelaskan, bahwa penelitian ini menunjukkan mengurangi waktu duduk di tengah kesibukan baik untuk kesehatan.

"Pada orangtua sibuk ini pada awalnya mungkin berpikir bahwa menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka jauh dari latihan fisik yang mereka butuhkan. Namun, dengan ikut bermain bersama anak, mereka bisa mengurangi waktu duduk dan menjadi contoh yang baik untuk anak-anak," papar Pesola. Demikian ditulis situs Sindonews.

Baca Juga:

4 Kekhawatiran saat Berkencan, Anda Termasuk Tipe yang Mana?
Ingin Sukses Jadi Pengusaha? 5 Skill Wajib Dikuasai, Salah Satunya Pintar Negosiasi
Banyak Pria Menikah di Usia Tua, Waspadai Risiko Anak Kena Kanker dan Penyakit Kejiwaan
4 Ciri Pasangan Anda Punya Selingkuhan, Nomor 2 Terlalu Protektif

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini