Image

Mengenal Berbagai Jenis Hijab yang Populer di Dunia

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 10:46 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 14 194 1775662 mengenal berbagai jenis hijab yang populer di dunia DcwO9bm9nY.jpg Ilustrasi (Foto: Stepfeed)

HIJAB menjadi salah satu penanda atau ciri penampilan seorang wanita muslimah. Namun, tahukah Anda bila kain penutup rambut dan kepala ini memiliki nama dan model yang berbeda di beberapa negara?

Ya, jika di Indonesia dikenal dengan nama kerudung, berbeda halnya di Arab Saudi, Afghanistan, atau Kuwait. Lantas, seperti apa model dan nama hijab di negara-negara tersebut? Berikut uraiannya seperti dilansir StepFeed, Kamis (14/9/2017).

Baca Juga: Apes! Penderita Psoriasis Malah Diputusin Pacarnya Setelah Hapus Make-Up, Begini Penampakan Kulit Asli Sophia Ridlington!

Khimar

https://stepcdn.com/assets/2017-08/10/8/5frdb/1865227-700x.jpeg

Khimar memang semakin populer di Indonesia. Sejumlah desainer muslimah hingga selebriti Tanah Air mempopulerkan jenis hijab satu ini. Namun, sejatinya khimar menjadi model hijab yang dipilih oleh wanita Mesir. Khimar membungkus kepala, leher, bahu, menjuntai ke bagian perut dan tak sedikit hingga ke bagian paha. 

Chador

https://stepcdn.com/assets/2017-08/10/7/o2g2y/mvglqje-700x.jpg

Chador menjadi salah satu hijab favorit masyarakat wanita Iran. Chador adalah kain panjang yang menutupi jilbab kasual. Chador memiliki ciri khas berupa modelnya yang panjang hingga menyentuh kaki atau tumit penggunanya. Selain wanita Iran, wanita Irak dan Lebanon juga menggunakan chador saat bepergian ke luar rumah. Ini sering dikaitkan dengan pengikut tradisi Syi'ah. 

Baca Juga: Keren! Tukang Cukur Ini Potong Rambut Klien dengan 15 Gunting Sekaligus

Turban

https://stepcdn.com/assets/2017-08/07/15/fz7zd/somalia-700x.jpg

Wanita muslimah di Afrika menggunakan kain penutup kepala yang lebih stylish. Ya, dikenal dengan nama turban, jenis jilbab satu ini membungkus rambut dan kepala kecuali bagian leher. Biasanya turban dipilih saat panas matahari sedang terik di Ethiopia, Somalia, dan Sudan.

Niqab

https://stepcdn.com/assets/2017-08/10/7/54wkg/niqab-wearers-in-saudi-arabia-women-wear-niqabs-in-saudi-arabia-belgium-s-national-ban-on-the-veils-_217344_-700x.jpg

Niqab merupakan jenis jilbab yang lazim digunakan oleh wanita asal Arab Saudi. Niqab membungkus kepala, wajah, bahu, serta menutupi sebagian besar wajah atau hanya menyisakan bagian mata. Kini, niqab tak hanya dikenakan oleh wanita asal Arab melainkan sudah merambah ke Indonesia.

Baca Juga: Halimah Yacob, Presiden Singapura yang Doyan Banget Berbusana Orange, Ini Buktinya!

Dupatta

Dupatta biasa dikenakan oleh wanita Pakistan, India, dan Bangladesh. Dupatta terbuat dari material yang ringan dan memiliki ciri khas berupa sulaman atau detail embroidery di sisinya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini