nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ups! Begini Loh Cara Tepat Memotong Roti

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 14 September 2017 10:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 14 298 1775654 ups-begini-loh-cara-tepat-memotong-roti-JbbcybCpUL.jpg Memotong Roti (Foto: News)

ROTI kerap dijadikan andalan untuk pilihan menu sarapan, terutama roti tawar. Di mana roti tawar ini sendiri dengan mudahnya bisa diolah menjadi menu sarapan yang lezat, entah itu disantap bersama keju, tomat, selada, dan daging alias menjadi roti sandwich ataupun dimakan bersama dengan olesan selai atau taburan cokelat yang manis.

Bicara tentang roti tawar, tahukah Anda bahwa selama ini cara memotong roti menjadi irisan roti tawar yang populer dan familiar di masayrakat ternyata adalah cara potong yang keliru? Ya, memang biasanya selama ini kita memang memotong roti tawar dengan cara memotongnya langsung dari bagian atas roti bukan?

Baca Juga: Terancam Punah, Stop Makan Tiga Jenis Ikan Ini, Salah Satunya Swordfish

Nah, sebagaimana dikutip News, Kamis (14/9/2017) disebutkan oleh Sarah Jampel selaku penulis an food stylist bahwasanya cara memotong roti tawar yang tepat adalah seharusnya dipotong dari bagian sisi samping roti. Pasalnya dengan cara ini maka potongan-potongan roti yang dihasilkan akan lebih tipis, konsisten secara ukuran, dan tidak mengubah struktur roti karena tidak terhimpit.

"Ya, memotong roti dengan cara dari sisi bagian samping ini memang membutuhkan perhatian dan koordinasi. Ketimbang menaruh roti secara melintang mendatar di atas talenan, sebaiknya pegang roti dengan tangan satunya lagi yang tidak menggenggam pisau. Metode ini tidak seseram kelihatannya kok, aku sendiri telah melihat teknik ini diaplikasikan di toko-toko roti," ungkap Sarah.

Baca Juga: Waduh, Dengan Alasan Ini Banyak Restoran di Amerika Melarang Orangtua Membawa Anak Dibawah Usia 7 Tahun

Sarah menambahkan, metode memotong di atas penting untuk diterapkan terhadap dua jenis roti, yakni roti yang airy dan lembut serta roti isi seperti brioche isi cokelat. Untuk roti tipe pertama, hanya diperlukan sedikit saja tekanan pada roti karena biasanya roti jenis ini punya bentuk tampilan pendek dan lebar.

Baca Juga: RESEP NENEK: Serba Sambal Matah Rekomendasi Lauk Makan Siang, Pakai Ayam atau Ikan Kembung

Melalui pemotongan di bagian samping, ini artinya bagian yang terkena irisan pisau juga akan menjadi lebih kecil sehingga bisa tetap menjaga struktur remah roti. Memotong roti dari bagian sisi samping ini juga akan membuat kita lebih gampang untuk mendapatkan irisan-irisan roti yang tipis dan tidak perlu bersusah payah memisahkan bagian bawah roti yang biasanya hadir dengan tekstur lebih keras sehingga sulit untuk dilepaskan, serta membuat kita lebih mudah menaklukkan dari awal bagian tersulit pada roti yakni bagian atas dan bawah roti.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini