Image

2 Hal Penting Harus Diperhatikan dalam Memasak Telur Rebus sehingga Anda Mudah Mengupasnya

Sindonews, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 11:44 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 14 298 1775706 2 hal penting harus diperhatikan dalam memasak telur rebus sehingga anda mudah mengupasnya ijyW6O7EBZ.jpg Tips memasak telur rebus (Foto:Thedailymeal)

TELUR rebus merupakan hidangan yang cukup sederhana dan kerap tersaji di meja makan untuk melengkapi ragam hidangan lain. Namun, masih banyak yang tidak paham bagaimana membuat telur rebus yang matang sempurna?

Terdapat dua hal yang harus diperhatikan saat memasak telur rebus. Mengutip Goodhousekeeping, berikut cara dua hal dalam memasak telur rebus:

BACA JUGA:

Ups! Begini Loh Cara Tepat Memotong Roti

Terancam Punah, Stop Makan Tiga Jenis Ikan Ini, Salah Satunya Swordfish

1. Tahap Merebus

Tahap ini perlu diperhatikan khususnya pada bagian air yang tengah mendidih. Dalam hal ini, setelah airnya mendidih, gunakan sendok besar untuk menurunkan telur ke air dengan lembut. Turunkan panas untuk mempertahankan mendidih dan mengatur timer selama 12 menit.

Jika Anda membiarkan airnya mendidih sedikit terlalu banyak atau turun di bawah mendidih atau memancing telur Anda 14 menit kemudian, tidak akan membuat telur rusak.

2. Tahap Pendinginan

Setelah 12 menit, matikan api dan letakkan panci di tempat cuci piring yang terdapat keran air. Agar bisa memberikan air dingin dan masukkan air dingin ke atas telur sampai kulitnya dingin saat disentuh. Sehingga Anda mudah dalam mengupasnya.

Sementara pernahkan Anda bertanya-tanya atau mencari tahu perbedaan antara telur yang berwarna putih dengan telur yang berwarna cokelat kulit cangkangnya?

Daripada penasaran, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan perbedaan antara telur ayam berwarna coklat dengan telur ayam berwarna putih di bawah ini, sebagaimana dikutip Timesofindia.

Kuning telur (yolk) 

Pada bagian kuning telur, ada perbedaan yang cukup mencolok di antara telur berkulit cangkang coklat dengan telur berkulit cangkang putih. Disebutkan, telur ayam berwarna coklat mempunyai bagian kuning telur alias yolk berwarna lebih pekat daripada kuning telur di telur ayam berwarna putih. Hal ini dikarenakan ayam betina diberikan asupan jagung dalam jumlah banyak pada saat berkembang-biak.

Harga 

Tahukah bahwasanya, untuk perihal harga telur ayam berkulit warna coklat ini hadir dengan banderolan harga yang lebih mahal? Sebabnya adalah karena, telur ayam berwarna coklat datang dari ayam-ayam yang mempunyai selera makan besar dan ukuran tubuh yang lebih besar. Karena makan lebih banyak, maka dari itu ayam betina yang menghasilkan telur ayam berwarna coklat memakan biaya lebih mahal saat dikembang-biakkan.

BACA JUGA:

Waduh, Dengan Alasan Ini Banyak Restoran di Amerika Melarang Orangtua Membawa Anak Dibawah Usia 7 Tahun

RESEP NENEK: Serba Sambal Matah Rekomendasi Lauk Makan Siang, Pakai Ayam atau Ikan Kembung

Ternak yang lebih mudah 

Di pasaran secara umum, peredaran telur ayam berwarna putih lebih banyak sehingga lebih mudah ditemukan karena pada dasarnya berternak dan mengembangbiakkan ayam berbulu putih jauh lebih murah.

Kandungan omega 3 

Dalam hal kandungan nilai nutrisi, telur ayam kulit coklat jadi pilihan yang lebih baik karena disebutkan punya kandungan Omega-3 yang lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam cangkang kulit warna putih.

Rasa 

Kedua telur ini hadir dengan cita rasa yang berbeda juga loh! Telur ayam cangkang kulit coklat dengan telur ayam cangkang kulit berwarna putih muncul dengan kualitas dan rasa yang berbeda, karena tergantung pada asupan diet makanan yang diberikan kepada masing-masing ayam

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini