nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Peralatan Dapur Wajib Anda Ganti Berkala agar Terhindar dari Kuman Penyakit, dari Pisau Bergerigi hingga Handuk Dapur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 06:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 14 298 1775741 5-peralatan-dapur-wajib-anda-ganti-berkala-agar-terhindar-dari-kuman-penyakit-dari-pisau-bergerigi-hingga-handuk-dapur-oSvFg0FUnc.jpg Peralatan dapur harus diganti berkala (Foto: Foodandwine)

UNTUK menghasilkan masakan yang lezat dan menggugah selera, setiap orang tentunya membutuhkan berbagai jenis alat dapur agar proses memasak menjadi lebih mudah dan lancar. Namun ternyata, masih banyak yang menggunakan peralatan dapur tidak layak pakai untuk mengolah masakan sehari-hari. Hal ini harus dihindari karena dapat membahayakan kesehatan Anda.

Dilansir dari Food & Wine, Jumat (15/9/2017), berikut 5 daftar peralatan dapur yang harus segera diganti untuk menghindari terkontaminasinya kuman atau bakteri penyebab penyakit. Jangan ragu-ragu untuk membuang peralatan dapur yang sudah rusak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:

Instagram Foodblogger Ini Bikin Mata Berbinar, Isinya Makanan Cantik Menggemaskan

7 Rahasia Bikin Tumisan Lezat Menggugah Selera, Ingat Gunakan Sedikit Air

Pisau bergerigi

“Pisau gerigi tidak biasa diasah, sehinggat begitu Anda merasakan ketumpulan atau sulit mengiris dengan benda tersebut. Segera ganti agar hasil makanan menjadi lebih lezat dan menggugah selera,” kata Kelsey Youngman dari Test Kitchen Assistant.

 

Papan pemotong kayu/talenan

“Papan kayu bisa bertahan cukup lama jika dirawat dengan benar. Anda harus segera mencucinya setelah selesai digunakan, lalu keringkan untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri-bakteri jahat. Jika tidak dirawat dengan baik, papan kayu akan menjadi lembab dan terdapat lapisan menjijikan pada permukaannya,” tambah David McCann, salah satu staff Test Kitchen Assistant.

Handuk dapur

“Jika kain lap atau handuk dapur Anda sudah mulai mengeluarkan aroma tak sedap, sudah waktunya Anda membuang dan menggantinya dengan yang baru. Namun, apabila Anda mencucinya secara rutin, benda tersebut juga dapat bertahan lama. Saya memiliki kain lap yang sudah saya gunakan sejak 15 tahun silam,” kata Justin Chapple, editor Test Kitchen Assistant.

BACA JUGA:

Hilangkan Rasa Penat dan Lelah Sepulang Kerja dengan 3 Pilihan Minuman Segar Ini

Hidangan Gulai Tidak Melulu Harus Pakai Santan Lho, Tengkleng Salah Satunya!

Spons

“Begitu Anda mencium aroma tak sedap pada spons, segera buang ke dalam tempat sampah. Bisa jadi spons tersebut telah terkontaminasi bakteri sehingga tidak layak lagi untuk digunakan. Untuk merawat spons, Anda bisa memasukkannya ke dalam microwave atau mesin pencuci piring,” tutur McCann.

Bumbu rempah

“Anda harus rutin mengganti bumbu rempah-rempah dan jangan sampai menunggu kualitasnya memburuk. Rempah-rempah hanya mampu bertahan sekitar tiga bulan jika sudah diolah, dan 6 bulan jika rempah masih dalam keadaan utuh. Belilah rempah-rempah organik untuk mendapatkan hasil masakan yang lebih lezat dan dapat Anda simpan lebih lama,” ujar Chapple.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini