Image

Listrik Tiba-Tiba Padam? Simak Tips Selamatkan Makanan yang Ada di Kulkas

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 17:06 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 09 14 298 1775981 listrik tiba tiba padam simak tips selamatkan makanan yang ada di kulkas uXiLuKDpiU.jpg Menyimpan makanan di kulkas (Foto: Today)

SIAPA sih yang tidak merasa kesal jika beristirahat di rumah, lalu kemudian listrik padam secara tiba-tiba. Perkara padamnya listrik ini, tentunya tidak hanya membuat udara di sekitar dalam rumah menjadi panas, menghambat berbagai aktivitas, namun juga bisa membuat simpanan makanan yang ada di kulkas menjadi berubah kondisinya.

Kondisi makanan di kulkas memang harus diperhatikan, karena jangan sampai nantinya Anda mengolah dan menyantap produk makanan yang ternyata sudah tidak baik untuk dimakan.

Namun jangan dulu merasa khawatir berlebihan, jika sedang mengalami mati listrik di rumah apalagi dalam waktu yang cukup panjang. Dengan sederet tips dari U.S. Department of Agriculture’s (USDA) Food Safety dan Inspection Service (FSIS), Anda masih bisa menyelamatkan makanan yang tersimpan di dalam kulkas. Berikut ulasannya, sebagaimana dikutip Today, Kamis (14/9/2017).

BACA JUGA:

1. Hindari membuka tutup kulkas dan freezer : Tips pertama yang bisa diterapkan, adalah dengan menghindari membuka-tutup pintu lemari pendingin. Logikanya, jika pintu kulkas tetap tertutup rapat maka suhu yang ada di dalamnya akan bisa dingin lebih lama. Lemari es yang tertutup rapat itu, mampu menahan makanan di kulkas tetap dingin selama kurang lebih 4 jam. Sedangkan freezer yang full akan menahan temperature kulkas kurang lebih selama 48 jam, dan 24 jam jika hanya terisi setengah.

2. Letakkan daging dan unggas di satu sisi area freezer : Segala daging dan unggas yang biasanya kerap disimpan di dalam freezer, sebaiknya diletakkan bersama di satu sisi freezer atau taruh di atas baki. Dengan metode ini, disebutkan maka bisa membantu untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang karena cairan daging yang meleleh.

3. Manfaatkan biang es : Untuk membuat kulkas tetap dingin, bisa coba cara satu ini yakni dengan memanfaatkan dry ice atau biang es. Bisa dengan memakai sekitar 22 kilogram dry ice, atau 18 kubik es agar bisa membuat kulkas tetap dingin selama kurang lebih untuk waktu dua hari lamanya.

4. Periksa temperatur dalam kulkas dan freezer: Disebutkan bahwa sebaiknya segera buang segala produk makanan seperti daging-dagingan, daging unggas, hasil laut, telur, dan makanan sisa yang telah berada di atas suhu 4,4 celcius selama dua jam atau lebih.

5. Buang makanan yang sudah berubah tampilan : Jika melihat ada perubahan tampilan pada makanan yang tersimpan di dalam kulkas, misalnya mengeluarkan bau atau aroma tidak sedap, perubahan warna, perubahan tekstur, atau terasa hangat jika disentuh. Ini merupakan tanda sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan harus dibuang.

6. Periksa kristal es : Memperhatikan kristal es di sini maksudnya adalah, makanan beku yang disimpan di dalam freezer dan mencair akibat kulkas yang mati, notabene masih aman untuk dibekukan kembali apabila masih ada terdapat kristal es, atau berada di suhu 4,4 celcius atau lebih rendah.

 BACA JUGA:

7. Jangan dicicipi : Jangan sekali-sekali untuk memeriksa simpanan makanan di kulkas masih aman atau tidak, dengan cara langsung dicicipi. Perlu diingat, bahwa ketika Anda sudah merasa ragu, maka sebaiknya produk makanan tersebut baiknya segera dibuang saja.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini