Image

Biar Makan Jadi Lebih Enak, Coba Deh Terapkan Metode Food Pairing

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 18:24 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 09 14 298 1776046 biar makan jadi lebih enak coba deh terapkan metode food pairing 21opzZA8fX.jpg Ilustrasi food pairing (Foto: Foodtech)

AKTIVITAS bersantap saat ini, sudah bukan lagi hanya mementingkan soal cita rasa ataupun sekadar kenyang. Akan tetapi perhatikan juga perpaduan antara aroma, tekstur makanan, waktu penyajian, serta minuman yang saling melengkapi dari menu makanan itu sendiri yang diharapkan dapat memaksimalkan sensasi bersantap.

Hal itulah yang disebut dengan food pairing. Lalu sebenarnya, seberapa penting ketika metode food pairing diterapkan dalam setiap bersantap?

BACA JUGA:

Wine Pairing, Seni Menjodohkan Wine & Makanan

Lezatnya Mazesoba, Mi Khas Jepang hingga Nasi Goreng Jepang untuk Makan Siang

 

“Menurut saya food pairing ini penting ya untuk diterapkan, karena pada dasarnya tidak semua jenis makanan dan minuman itu cocok-cocok saja untuk disandingkan bersama,” papar Chef Dea Vialdo saat dijumpai dalam acara ‘Kelas Bersama Jurnalis : Metode Food Pairing by Baxter Smith, Kamis (14/9/2017) di Baxter Smith, Jakarta Selatan.

Dea menambahkan, jika memasangkan makanan dan minuman secara asal. Maka jangan heran, ketika disantap akan menimbulkan after taste yang tidak enak di lidah.

Satu contoh memadukan makanan dengan minuman yang tepat. Misalnya untuk sajian pasta creammy, minumannya lebih pas jika tersaji minuman soda buah. Atau makanan pedas dengan minuman manis yang dingin. Selebihnya, mungkin bisa dipadankan antara makanan dan jenis makanan yang hendak disantap .

“Kalau makanan dan minuman ini sebenarnya tidak cocok untuk disantap bersama, yang ada nanti after taste nya itu enggak enak. Malah mematikan cita rasa itu sendiri, meskipun misalnya menu makanan itu punya rasa yang enak. Hanya karena ketemu jenis minuman yang tidak sesuai, nanti akan berasa makanannya seolah yang tidak enak. Padahal kan tidak begitu,” imbuhnya.

Untuk penerapan metode food pairing ini sendiri, Dea menyanyangkan bahwa metode ini belum terlalu familiar untuk dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

BACA JUGA:

“Food pairing ini sayangnya belum terlalu familiar di masyarakat kita, karena masyarakat Indonesia masih lebih mempunyai kecenderungan makan itu ya sekedar yang penting kenyang dan enak. Inilah mengapa masyarakat kita harus diedukasi lebih lagi soal food pairing agar sensasi bersantap itu bisa lebih enjoy lagi” tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

cara bersantap
Cari Berita Lain Di Sini