nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNCOVER INDONESIA: Toraja Punya Gumuk Pasir dengan Lekukan Cantik

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 08:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 14 406 1775690 uncover-indonesia-toraja-punya-gumuk-pasir-dengan-lekukan-cantik-MLjFpYKo1L.jpg Gumuk Pasir Toraja (Foto: Instagram)

BERKUNJUNG ke Toraja bukan hanya wisata budaya saja yang ditawarkan. Tetapi keindahan alamnya juga dapat membuat siapa pun terpana.

Jika selama ini Anda lebih sering mendengar Toraja karena tradisi Ma’nene atau mayat berjalannya, kini saatnya Anda mengeksplorasi alamnya lebih jauh. Gumuk pasir di Desa Sumalu adalah salah satu yang bisa dikunjungi.

Gumuk pasir yang paling dikenal di Indonesia mungkin adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Namun berbeda dengan di Parangkusumo, gumuk pasir di Toraja memiliki bentuk yang unik.

Bentuknya beragam, ada yang memanjang dengan lekukan unik di setiap sisinya. Ada pula yang berbentuk sabit atau melingkar dengan bentuk lancip di bagian atas. Bentuknya yang unik ini tercipta secara alami, yaitu dari hembusan angin yang begitu kuat selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Di Negara Ini, Satwa Liar Bebas Berkeliaran & Matahari Terlihat Saat Malam

Baca Juga: Perkenalkan, Suki si Kucing Cantik yang Cinta Traveling

Gumuk pasir ini terletak di Desa Sumalu, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Orang-orang sekitar menyabutnya dengan Bukit Pa’bayun. Namun orang umum lebih sering menyebutnya dengan Gumuk Pasir Sumalu.

Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk sampai ke gumuk pasir berwarna hitam ini. Letaknya sekira 25 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 45 menit.

Sesampainya di Desa Sumalu, Anda perlu berjalan kaki sejauh 300 meter sebelum sampai di gumuk pasir tersebut. Letaknya berada di tengah-tengah perbukitan yang dipenuhi dengan pepohonan, membuat suasana terasa lebih asri.

Wisatawan datang untuk sekadar berfoto dan menikmati waktu bersama teman-teman. Bahkan, ada yang menggunakannya sebagai lokasi foto pre-wedding karena keunikan bentuknya.

Baca Juga: Intip Indahnya Pantai Papuma di Jember yang Dipenuhi Mitos

Baca Juga: Cari Wisata yang Segar dan Menantang di Klaten, ke 3 Tempat Ini Saja!

Kini Gumuk Pasir Sumalu sudah menjadi salah satu obyek wisata favorit di Toraja. Gumuk ini juga menjadi wisata yang hits di media sosial karena sering dikunjungi oleh para pemuda.

Jika ingin berkunjung, datanglah di pagi atau sore hari saat cuaca sudah tak terik lagi. Sebab, di gumuk pasir ini Anda tak bisa berteduh kecuali di perbukitan sekitarnya. Anda juga harus ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan ketika berkunjung. Karena ini adalah wisata yang tentu saja harus dilestarikan dengan menjaga kebersihannya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini