Image

10 Kota Bebas Stres di Dunia, Stuttgart di Jerman Salah Satunya!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 20:58 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 14 406 1776173 10 kota bebas stres di dunia stuttgart di jerman salah satunya NkuDtMi3AH.jpg Ilustrasi kota bebas stres di Stuttgart (Foto: Lonelyplanet)

MASING-masing orang tentu memiliki tujuan yang berbeda ketika berlibur. Tapi alasan yang paling sering diucapkan adalah ingin menghilangkan stres. Maka dari itu, tidak jarang orang mencari tempat berlibur yang menenangkan agar pikirannya bisa segar kembali.

Suasana tempat berlibur secara tidak langsung mungkin memengaruhi pikiran orang yang berlibur. Bila Anda mencari tempat berlibur yang pas untuk menghilangkan stres, mungkin Anda bisa mengunjungi Stuttgart. Kota yang terletak di Jerman itu telah dinobatkan sebagai kota yang paling bebas stres di dunia. Penobatan tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zipjet.

Penelitian tersebut menganalisis kota-kota di seluruh dunia berdasarkan faktor-faktor yang menyebabkan stres meliputi pengangguran, hutang perkapita, lalu lintas, transportasi umum, keamanan, polusi, ruang terbuka hijau, paparan sinar matahari, dan banyak lagi. Data tersebut digunakan untuk melihat kesejahteraan secara menyeluruh dari sebuah kota melalui sebuah survei.

Seperti yang diketahui, Stuttgart terkenal dengan Black Forest-nya yang indah. Ibu kota Baden-Württemberg tersebut memiliki peringkat tinggi dalam faktor keamanan, ruang hijau, dan kesetaraan gender. Tapi, mereka juga memiliki peringkat rendah untuk polusi cahaya dan kebisingan. berbatasan dengan Prancis dan Swiss dan terkenal dengan Hutan Hitam yang indah. Ini berperingkat tinggi untuk persepsi keamanan, daya beli keluarga, ruang hijau dan kesetaraan gender. Namun, peringkatnya lebih rendah saat terjadi polusi cahaya dan kebisingan.

"Tidak mengherankan bila Stuttgart berada pada posisi tinggi untuk ruang hijau. Ruang hijau memiliki efek yang nyata terhadap pikiran yang tertekan. Dengan ruang hijau, seseorang bisa bersikap lebih terbuka," tutur seorang residen, David Moos seperti yang dikutip dari LonelyPlanet, Kamis (14/9/2017).

Kemampuan seseorang untuk bersikap lebih terbuka dapat membantunya untuk merasa tidak tertekan dan berdampak pada pengurangan kecemasan. Selain itu, perasaan aman untuk tinggal di suatu kota, baik secara finansial maupun dalam arti keamanan sesungguhnya, bisa memberikan rasa nyaman yang luar biasa.

Kota selanjutnya yang dinobatkan sebagai kota bebas stres urutan kedua adalah Luksemburg. Kota tersebut menempati peringkat yang baik dalam kategori kepadatan penduduk, ruang hijau, jaminan sosial, kesehatan mental, dan banyak lagi. Secara keseluruhan, Jerman dan negara di Eropa Barat menempati peringkat yang sangat tinggi.

Inilah daftar 10 kota paling bebas stres;

1. Stuttgart, Jerman

2. Luksemburg, Luksemburg

3. Hanover, Jerman

4. Bern, Switzerland

5. Munich, Jerman

6. Bordeaux, Perancis

7. Edinburgh, Inggris

8. Sydney, Australia

9. Hamburg, Jerman

10. Graz, Austria

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Cari Berita Lain Di Sini