Image

Kabar Baik, Senyawa Minyak Zaitun Bisa Cegah Diabetes Tipe 2!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 12:07 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 14 481 1775719 kabar baik senyawa minyak zaitun bisa cegah diabetes tipe 2 LqFwimE0tj.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

TAMPAKNYA orang Indonesia harus mulai rutin mengonsumsi minyak zaitun. Para ilmuwan telah mengidentifikasi senyawa dalam minyak zaitun dapat mencegah diabetes. Hal ini tentu menjadi kabar baik dalam upaya pengobatan diabetes.

Manfaat kesehatan dari buah zaitun-dan produk alami terkait, seperti minyak zaitun telah lama dikenal oleh para pelaku diet Mediterania. Periset dari Virginia Polytechnic Institute dan State University (Virginia Tech) di Amerika Serikat menemukan, senyawa oleuropein yang berasal dari zaitun membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak insulin, molekul sentral tubuh yang mengendalikan metabolisme.

BACA JUGA:

Senyawa yang sama juga mendetoksifikasi molekul lain yang disebut amylin, yang memproduksi secara berlebihan dan membentuk agregat berbahaya pada diabetes tipe 2. Dalam 2 cara yang berbeda ini, oleuropein membantu mencegah timbulnya penyakit.

"Karya kami memberikan wawasan mekanistik baru mengenai pertanyaan lama mengapa produk zaitun bisa bersifat anti-diabetes," kata Bin Xu, asisten profesor di Virginia Tech yang dikutip Zeenews, Kamis (14/9/2017).

"Kami percaya ini tidak hanya akan berkontribusi pada biokimia fungsi komponen zaitun oleuropein, namun juga berdampak pada masyarakat umum untuk lebih memperhatikan produk zaitun sehubungan dengan epidemi diabetes saat ini," Xu menambahkan.

BACA JUGA:

Penemuan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang basis ilmiah manfaat kesehatan dari produk zaitun dan mengembangkan strategi nutraceutical baru yang murah untuk melawan diabetes tipe 2 dan obesitas.

Mencegah perkembangan otak

Sebelumnya, sebuah studi telah menyebutkan senyawa dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah perkembangkan kanker di otak. Penelitian tentang asam oleat, tak lain bahan utama minyak zaituun, telah menunjukkan bagaimana dia dapat membantu mencegah gen penyebab kanker berfungsi dalam sel.

Zat berminyak, salah satu kelompok nutrisi yang disebut asam lemak, merangsang produksi molekul sel yang fungsinya mencegah protein penyebab kankter terbentuk. Temuan dalam Journal of Molecular Biology ini menunjukkan, kemungkinan terapi berdasarkan minyak zaitun untuk mencegah kanker otak dapat terjadi.

Para ilmuwan menganalisis pengaruh asam oleat pada molekul sel, yang dikenal sebagai miR-7, yang aktif di otak dan diketahui dapat menekan pembentukan tumor. Mereka menemukan bahwa asam oleat mencegah protein sel, yang dikenal sebagai MSI2, dari menghentikan produksi miR-7. Dengan cara ini, komponen minyak zaitun mendukung produksi miR-7 yang membantu mencegah pembentukan tumor.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini