Image

Waspadai Gejala Serangan Jantung yang Sering Dikira Angin Duduk, Sesak Napas dan Nyeri di Ulu Hati

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 14:47 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 09 14 481 1775839 waspadai gejala serangan jantung yang sering dikira angin duduk sesak napas dan nyeri di ulu hati b6dAtH1SIG.jpeg Ilustrasi (Foto: Healthtap)

GEJALA serangan jantung kurang dipahami seseorang. Banyak yang mengira penyakit ini dikenal dengan istilah angin duduk dan tak segera ditangani dokter.

Di DKI Jakarta saja, kesadaran masyarakat untuk mendeteksi dini gejala serangan jantung masih rendah. Pasien selalu datang terlambat, sehingga bisa mengancam nyawanya.

Seseorang yang mengalami serangan jantung, terjadi sumbatan total. Dalam kondisi tersebut, otot jantung mati dan rusak permanen.

BACA JUGA:

Namun, kondisi ini dapat dicegah setelah mengalami serangan jantung lebih dari 12 jam jika dibiarkan. Karena itu, pasien jantung harus menyadari cara deteksi dini serangan jantung agar tak terlambat ditangani.

Dokter pun mengungkapkan, masih banyak masyarakat yang mengira serangan jantung tersebut berupa masuk angin atau angin duduk. Padahal perkiraan tersebut sangat merugikan pasien, bahkan bisa menyebabkan kematian.

"Untuk hal ini, apakah masyarakat cuek atau kurang concern dengan gejala serangan jantung. Padahal cara deteksi dininya cenderung mudah dilakukan," ujar Spesialis Jantung Pembuluh Darah Konsultan dr Siska Suridanda Danny SpJP(K) saat Press Conference World Heart Day 2017 di Kantor Yayasan Jantung Indonesia, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

BACA JUGA:

dr Siska tak lupa menjelaskan apa saja yang harus diwaspadai saat seseorang mengalami gejala serangan jantung. Kalau ada keluhan nyeri saat aktivitas dan sesak napas, bisa dicurigai kena serangan jantung.

Disertai pula dengan rasa mual dan muntah nyeri di bagian ulu hati, rahang, hingga punggung. Biasanya gejala ini muncul ketika Anda sedang beraktivitas normal.

"Coba deh perhatikan, kalau rasanya seperti ditekan benda berat, disertai mual dan muntah harus curiga serangan jantung. Tapi hebatnya, orang bisa tidak terasa," imbuhnya.

Saat mengalami gejala tersebut, tambah dr Siska, intinya jangan abaikan. Segera datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dengan alat EKG Jantung.

Adapun pertolongan pertama untuk mengobati serangan jantung yakni dengan pemasangan ring. Diharapkan cara ini dapat menolong pasien supaya nyawanya tertolong.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Angin Duduk
Cari Berita Lain Di Sini